Coba 8 Bahan Alami Ini untuk Meredakan Batuk yang Membandel

oleh
Ilustrasi. Foto: Go Dok

Palapanews.com- Merasa ngantuk di kantor karena tidak bisa tidur dengan tenang lantaran batuk yang terus mengganggu sepanjang malam? Ingin meminum obat, namun khawatir efek kantuknya mengurangi produktivitas di siang hari. Mengapa tidak mencoba meredakan batuk dengan bahan yang alami?

Mau tahu apa saja racikan bahan alami yang bisa digunakan untuk meredakan serangan batuk yang membandel? Harap sabar, yang penting simak terus artikel berikut ini!

1. Jahe

Faktanya, di dalam jahe terkandung beragam senyawa yang ampuh untuk meredakan batuk, seperti minyak atsiri, shogaol, zingiberol, gingerol, dan terpenoid.
Tertarik mencoba? Caranya, iris tipis 2 ruas jahe yang sebelumnya sudah dibersihkan, dan rebus bersama segelas air mendidih. Kemudian, minum air rebusan minimal 2 kali sehari untuk mendapatkan hasil yang maksimal, ya!

2. Madu

Selain dikenal untuk produk perawatan kecantikan kulit, kandungan senyawa anti-bakteri di dalamnya dapat dimanfaatkan untuk meredakan batuk dengan cepat, lho. Caranya, campurkan 1 sdm madu dengan segelas air hangat. Jika diminum secara teratur minimal 3 kali sehari, dijamin batuk akan segera reda, deh!

3. Kencur

Serupa dengan madu, dalam kencur juga terkandung senyawa anti-bakteri dalam jumlah yang cukup tinggi. Tertarik mencoba?

Caranya, iris tipis 1 ruas kencur dan jahe, lalu didihkan bersamaan dengan 2 gelas air. Tunggu hingga air rebusan menyusut setengahnya, tiriskan. Nah, air rebusan inilah yang dapat Anda minum di pagi dan sore hari.
Ssst, Anda juga bisa menambahkan sedikit madu untuk menambah rasa, lho!

4. Air garam

Ini dia cara meredakan batuk yang paling sederhana; berkumur dengan menggunakan air garam di pagi dan malam hari. Meskipun terdengat sangat simpel, namun cara ini dijamin ampuh membunuh bakteri dan virus pemicu batuk. Yuk, coba!

5. Lada

Jarang yang mengetahui bahwa lada dapat merangsang keluarnya bakteri dan virus pemicu batuk dari dalam tubuh. Karenanya, jangan ragu lagi untuk mencoba bahan alami yang satu ini, ya!

Caranya, campurkan 1 sdm lada bubuk dan 1 sdm madu murni ke dalam segelas air hangat. Aduk hingga merata, lalu minum sampai habis. Jika dilakukan secara teratur, cara ini niscaya dapat meredakan batuk dengan segera.

6. Jeruk nipis

Buah yang identik dengan kandungan vitamin C yang tinggi ini tentunya sudah dikenal ampuh dalam menyembuhkan flu dan batuk. Hal ini bukan sekedar omong kosong belaka, lho! Faktanya, jeruk nipis mengandung minyak atisiri dan senyawa anti bakteri yang efektif untuk mengatasi bakteri.

Tertarik mencoba? Caranya, campurkan air perasan jeruk nipis dengan kecap atau madu secukupnya. Minum ramuan ini setidaknya 2-3 kali sehari dan dapatkan manfaat jeruk nipis sebagai salah satu bahan alami pereda batuk.

7. Nanas

Buah selanjutnya yang bisa menjadi bahan alami mengobati batuk adalah nanas. Ya, sebuah studi terakhir mengungkapkan bahwa dalam nanas terkandung senyawa bromelain yang berkhasiat untuk membunuh bakteri & virus sekaligus membuang lendir di tenggorokan.

Tertarik mencoba? Anda hanya diharuskan untuk banyak minum jus nanas selama menderita batuk. Mudah sekali, ya!

8. Daun sirih

Tahukah Anda, bahwa batuk dapat diobati dengan air rebusan daun sirih? Caranya, bersihkan 5-7 lembar daun sirih, lalu didihkan dengan 1 gelas air dan beberapa iris jahe. Minum air rebusan di pagi dan malam hari; dan rasakan manfaatnya segera!

Nah, dari 8 bahan alami di atas, sudahkah Anda mencoba salah satunya? (*)

Komentar Anda

comments