Jalur Sepeda Pinggir Cisadane, Olahraga Sekaligus Wisata

oleh
Walikota Tangsel Airin Rachmi Diany pada Launching Track Jalur Cisadane JPC Park. Foto: Kominfo Tangsel

Palapanews.com- Walikota Tangerang Selatan (Tangsel), Airin Rachmi Diany mendukung pengembangan Jalur Pinggir Cisadane (JPC) di Kranggan, Kecamatan Setu. Jalur pesepeda ini menjadi tempat penggemar olahraga sepeda sekaligus berwisata.

“Lokasi ini nantinya akan kita manfaatkan bagi para pecinta olahraga sepeda yang ada di Tangsel untuk menyalurkan hobi sepedanya,” kata Walikota dua periode ini.

JPC Park dibangun di pinggir Sungai Cisadane sepanjang enam Kilometer. Diharapkan dapat menjadi salah satu tempat wisata baru bagi masyarakat Kota Tangsel dan pengemar sepeda di seluruh Indonesia.

:JPC Park juga sebagai salah satu upaya Kota tangsel mendukung Kota Sepeda. Tidak hanya itu, ini juga dapat dijadikan pilihan alternatif buat MTB. Apalagi dengan kombinasi wisata kuliner yang ada. Ke depan perlu dibikin toilet dan saya akan minta ke DPU, ” kata Airin.

Di tempat yang sama, Ketua Ikatan Sepeda Seluruh Indonesia (ISSI) Kota tangsel, Dudung E Diredja mengatakan konsep JPC Park mengklaborasikan pembangunan olahraga dan kuliner. Menurutnya, gagasan ini muncul dari pantauan lapangan, dimana tempat ini dilengkapi dengan kuliner yang banyak diminati masyarakat.

“Gagasan ini kita adopsi di Tangsel. Karena lokasi yang nyaman masih asri dan ada pecak duren, ikan cere dan di tengah ada warung saung. Dimanapun kita start saat bergoes ada tempat makannya jadi saat capek bisa menikmatinya,” ujar Dudung.

Lanjutnya, pembangunan JPC Park di pinggir Sungai Cisadane merupakan impelemntasi dan program ISSI di 2018. Nantinya, JPC akan membangun dua track di Kota Tangsel.

“Selain di sini akan membangun di Tandon Ciater,  pada bagian luarnya untuk rekreasi. Kalau di sini untuk rekreasi dan prestasi,” kata dia.

Menurutnya, hal ini juga merupakan tantangan bagi walikota agar Kota Tangsel menjadi layak untuk sepeda. Kehadiran JPC Park tentunya sangat didukung karena belum ada kabupaten maupun kota di Indonesia yang mencanangkan sebagai Kota Sepeda. Apalagi kegiatan ini bentuk kolaborasi antara kegiatan pariwisata dan kegiatan bersepeda. Oleh sebab itu, ISSI akan menyediakan sarana dan prasarananya. (kom/one)

Komentar Anda

comments