Tersebar di 9 Titik, DPMPPPAKB Kota Tangsel Gelorakan BBGRM

Palapanews.com- Ratusan warga terlihat bahu membahu dalam membersihkan lingkungannya masing-masing. Hal ini terlihat saat Dinas Pemberdayaan Masyarakat, Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (DPMPPPAKB) Kota Tangerang Selatan (Tangsel) mengadakan Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) yang tersebar di 9 titik Kampung KB yang ada di kota itu.

Kegiatan rutin tahunan ini merupakan upaya untuk menggelorakan semangat gotong royong dan peran aktif masyarakat dalam pembangunan yang berlandaskan keswadayaan sebagai sistem nilai sosial budaya yang telah menyatu dalam kehidupan masyarakat.

“Agar masyarakat merasa memiliki dan bertanggung jawab dalam melaksanakan, memanfaatkan dan melestarikan semangat serta jiwa gotong royong yang telah mulai luntur dalam dinamika masyarakat yang modern,” kata Kepala DPMPPPAKB, Khairati kepada Palapanews.

Untuk tahun ini, menurutnya, BBGRM sengaja diadakan di Kampung KB dengan harapan terlihat pula bagaimana peran dan partisipasi masyarakat. Pihaknya juga telah memberikan motivasi serta alat kebersihan seperti sapu, pengki dan pacul dari pemerintah.

DPMPPPAKB Kota Tangsel gelorakan BGRM. Foto: Nad

“Kita berharap keguyuban warga tidak hanya dalam BBGRM tahun ini saja namun menjadi kebiasaan keseharian dari masyarakat, termasuk pihak kelurahan, kader kesehatan, pos KB dan lainnya. Dengan banyaknya yang hadir nanti hasilnya akan terlihat, lingkungan menjadi bersih, bagus sehat karena semua bergotong rotong,” ujar Khairati.

Diketahui, BBGRM terdapat di 9 titik Kampung KB yang ada di Kelurahan Cilenggang, Kelurahan Pondok Kacang Timur, Kelurahan Ciputat, Kelurahan Jelupang, Kelurahan Pondok Betung, Kelurahan Cempaka Putih, Kelurahan Keranggan, Kelurahan Bambu Apus dan Kelurahan Cipayung.

Kepala Bidang Pemberdayaan Masyarakat pada DPMPPPAKB Kota Tangsel, Dedy M. Rawi menambahkan kegitan rutin tahunan ini diharapkan dapat memberdayakan masyarakat sehingga dapat saling membantu dalam kebersihan lingkungan dan mencapai hidup sehat.

“Seperti membersihkan gorong-gorong, mencabut rumput, merapikan lapangan dan lainnya. Selain itu, penerapan gotong royong juga sangat penting untuk diterapkan kembali dalam kehidupan bermasyarakat,” imbuhnya. (adv)

Komentar Anda

comments