Tangani Pelanggaran Pemilu, Panwaslu Gandeng Polrestro Tangerang Kota

oleh
banner 300250

Palapanews.com- Panwaslu Kota Tangerang bersama dengan jajaran Gakumdu Polres Metro Tangerang Kota menggelar evaluasi tahapan kampanye. Tidak hanya evaluasi saja yang dilakukan, tapi Panwaslu juga meminta masukan dari Tim Gakumdu agar proses dalam Pilkada Kota Tangerang 2018 berjalan baik dan lancar.

Kegiatan tersebut dilakukan di Ruang Rapat Panwaslu Kota Tangerang, Kamis, (03/5).

Anggota Gakumdu Polres Metro Tangerang Kota, Ricard Sirait mengatakan, pada prinsipnya proses penanganan pidana dalam Pemilukada ini, apabila terjadi penyimpangan-penyimpangan masuk dalam kategori pidana pemilu, pihaknya siap menangani.

“Meskipun saat ini belum adanya pelanggaran, kita tetap membantu sepanjang proses tersebut masuk dalam koridor hukum,” ungkapnya.

Hal senada juga diutarakan oleh Staf Pelaksana Teknis Divisi Hukum dan Penindakan Pelanggaran, Endang JP, bahwa untuk Pilkada Kota Tangerang sebenarnya potensi pelanggarannya tetap ada, apalagi menghadapi pola calon tunggal.

“Karakteristik pengerahan mobilisasi masa sebenarnya masih ada tetapi kita berupaya melakukan pencegahan. Terkait Pemilukada ini bukan hanya dari penindakan dan legitimasi hukum saja, tetapi jikalau melakukan kepada tindakan-tindakan yang ke arah kriminal itu lain ceritanya langsung kita melakukan penindakan,” jelasnya.

Sementara itu, Komisioner Panwaslu Kota Tangerang, Heri Handani mengatakan, ada beberapa poin yang akan dievaluasi yaitu tahapan kampanye, pengerahan masa dan saksi.

“Ini adalah bagian dari proses Sentra Penegakkan Hukum Terpadu, untuk kita telusuri apakah ada pelanggaran atau tidak. Jikalau ada pelanggaran Gakumdu harus menindaklanjuti,” tutupnya. (Gs)

Komentar Anda

comments