Aplikasi Seraton Tangsel Diklaim Permudah Urusan Pertanahan

oleh
Suasan peluncuran aplikasi Seraton di Balaikota Tangsel. Foto: Nad

Palapanews.com- Pemerintah Kota Tangerang Selatan (Tangsel) bekerjasama dengan Kantor Pertanaha Tangsel melaunching Sistem Administrasi Pertanahan Online (SERATON) Tahun 2018 di Gedung Balaikota Tangsel, Ciputat, Senin (23/4) kemarin.

Walikota Tangsel, Airin Rachmi Diany mengatakan masalah pertanahan merupakan salah satu sektor pembangunan yang memerlukan penanganan serius dan ekstra hati-hati dari Pemerintah. Kehati-hatian ini karena tanah merupakan kebutuhan yang sangat vital bagi masyarakat, khususnya masyarakat yang menggantungkan hidup pada tanah.

“Administrasi pertanahan mempunyai peranan penting yang perlu mendapatkan penanganan yang lebih serius dan sungguh-sungguh agar dapat mendukung terlaksananya tugas pemerintah dalam pemerataan pembangunan sejak perencanaan, pelaksanaan, pemanfaatan, sampai kepada pengendaliannya,” ungkapnya.

Ia berharap melalui aplikasi SERATON masalah pertanahan di Kota Tangsel akan lebih teratur, dan sistem ini diharapkan dapat mendukung upaya pemerintah Kota dalam rangka meningkatkan pelayanan kepada masyarakat serta melindungi masyarakat dari permasalahan pertanahan.

“Target saya sebesar 100 persen tanah di Tangsel paling lambat tahun 2019 semua bersertifikat. PTSL ini sangat baik dan inilah yang ditunggu oleh masyarakat, dimulai dari tahun 2016 pelaksanaan di Ciputat, saking tingginya masyarakat untuk memiliki sertifikat maka yang punya 1000 meter tanah, mereka telah mempecah-pecah tanahnya. Namun untuk sekarang mau berapapun luasnya, baik masyarakat miskin ataupun tidak bisa membuat sertifikat,” katanya.

Airin pun mengungkapkan masih banyaknya berkas yang belum diserahkan, maka sistem SERATON dibuat.

“Dengan sistem ini akan ketahuan, numpuknya dimana berkasnya, kesalahannya dimana. Masyarakat bisa datang langsung ke kelurahan menyerahkan dokumen, nanti petugas ini yang akan menginput data. Ada 3 petugas di Kelurahan yang akan menginput data masyarakat,” katanya.

Sementara Kepala Kantor Pertanahan Wilayah Banten, Yusuf Purnama menambahkan Tangsel menjadi kota percontohan wilayah lainnya, dan ini merupakan program prioritas. Untuk itu dengan adanya aplikasi ini sangat membantu kelancaran sensus pertanahan yang ada di Kota Tangsel.

“Ini merupakan program prioritas Presiden RI yakni PTSL. Sehingga dengan adanya seraton baik BPN dan Pemkot akan sangat dimudahkan. Dengan seraton saya optimis target pendataan tanah sebanyak 70 ribu bidang bisa segera terealisasi,” pungkasnya. (nad)

Komentar Anda

comments