300 Kader Kesehatan Tangsel Ikuti Pekan Imunisasi Dunia

oleh

Palapanews.com- Sebanyak 300 kader kesehatan Kota Tangerang Selatan (Tangsel) menjadi peserta dalam Pekan Imunisasi Dunia (PID) tahun 2018 bertema Capai Imunisasi Rutin Lengkap Bersama Melindungi dan Terlindungi yang diselenggarakan oleh Dinas Kesehatan Kota Tangsel di Aula Rumah Sakit Omni, Alam Sutera, Selasa (24/4).

Diketahui, PID dirayakan di seluruh wilayah World Health Organization (WHO) untuk menyoroti betapa pentingnya menutup senjang imunisasi.

Dalam sambutannya Walikota Tangsel, Airin Rachmi Diany mengatakan PID berlangsung pada bulan April setiap tahun. Dengan ini, diharapkan masyarakat bisa lebih peduli dan meningkatkan kesadaran terhadap manfaat dari imunisasi.

“Untuk mensukseskan PID, bukan hanya pemerintah saja tapi semua pihak harus berkolaborasi agar masyarakat mau melakukan imunisasi,” ujarnya.

Menurut Airin, imunisasi penting dalam menurunkan angka kematian dan kesakitan. Sehingga yang menjadi tantangan adalah bagaimana melawan hoax yang beredar soal bahaya dari imunisasi.

“Banyak juga beredar, bahaya imunisai dan ungkapan anak akan sehat tanpa imunisasi, padahal tidak begitu. Contohnya, pada saat saya turun ke masyarakat karena berita gizi kurang yang terjadi di Tangsel. Padahal itu terjadi karena penyakit bawaan, prematur, pola makan yang tidak baik serta pola asuh yang menyebabkan itu terjadi dan para kader telah melakukan pendampingan khusus,” jelasnya.

Kejadian tersebut tentunya menjadi Pekerjaan Rumah (PR) untuk para kader kesehatan. Manakala mau nikah harus diajarkan pola asuh dan bagaimana menjaga anak sangat penting.

Sementara Kepala Dinkes Tangsel, Suhara Manullang menambahkan kegiatan ini sebagai langkah konkrit untuk melakukan imunisasi dan mencapai imunisasi serta mengoptimalkan peranstake holder yang akan dibuka setiap hari di masing-masing puskesmas yang ada di Tangsel. (nad)

Komentar Anda

comments