Perdana, Pesta Rakyat UMKM Tangsel Berlangsung Meriah

oleh
Kepala Dinkop & UKM Tangsel, Dahlia Nadeak memotong tumpeng pada Pesta Rakyat UMKM. Foto: Nad

Palapanews.com- Untuk pertama kalinya kegiatan besar digelar di Plaza Rakyat lingkungan Pusat Pemerintahan Kota Tangerang Selatan (Tangsel) pada Sabtu (21/4) hingga Minggu (22/4). Gelaran Pesta Rakyat UMKM Jalan Bersama ini dimeriahkan oleh sebanyak 10 ribu pengunjung dalam waktu dua hari.

Selain itu, ratusan komunitas dan 300 pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) dari berbagai produk seperti kuliner kemasan, kuliner basah, fashion dan craft juga dipamerkan dalam pelataran plaza rakyat dan di depan Balaikota Tangsel.

Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kota Tangsel, Dahlia Nadeak mengatakan Pesta Rakyat UMKM sebagai bagian untuk meningkatkan dan mengembangkan UMKM agar memiliki kulitas dan berdaya saing sehingga dapat dikenal oleh masyarkat luas dan lebih mandiri.

“Kita bekerjasama dengan UMKM untuk jalan bersama dengan pemerintah, demi mewujudkan kulitas produk mereka serta mempromosikan agar semuanya meningkat produktifitasnya,” kata Dahlia.

Dengan adanya kegiatan ini, menurutnya akan membuat para pelaku UMKM asal Tangsel semakin solid serta lebih mandiri ketika mengadakan kegiatan tanpa harus mengandalkan anggaran dari pemerintah. Nyatanya ini terbukti pendanaan dilakukan bersama-sama baik UMKM dan sponsor yang ada di wilayah Tangsel.

“Acara ini juga turut diramaikan dengan lomba fashion show anak-anak, mewarnai tumpeng dan lain-lain agar mereka lebih mandiri saat melakukan event. Ini konsep jalan bersama yang akan terus dilakukan,” paparnya.

Anak-anak antusias mewarnai pada Pesta Rakyat UMKM.

Selain itu peserta juga mendapatkan dorprize kulkas, kipas angin, dan televisi dari sponsor. Pada hari terkahir yakni Minggu dilakukan jalan bersama mengelilingi kawasan Pusat Pemerintahan Kota Tangsel. jalan bergandengan tangan antar sesama. “Ini sejarah baru di Kota Tangsel dalam mengembangkan UMKM,” pungkasnya.

Sementara Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Tangsel, Muhamad menyampaikan Kota Tangsel sebagai kota perdagangan dan jasa sudah seharusnya masyarakat turut berpartisipasi. Pertumbuhan ekonomi cukup pesat. Apalagi bertambahnya jumlah penduduk semakin memberikan keuntungan tersendiri bagi pelaku UMKM dalam mengembangkan produknya secara luas.

“Banyak orang banyak rezeki, mencari kebutuhan makan dan kebutuhan lain sehari-hari,” katanya.

Ketua Panitia UMKM Jalan Bersama, Djay Bin Mursin menyampaikan ucapan terima kasih kepada semua pihak, pelaku UMKM dan masyarakat serta Pemerintah Kota Tangsel. “Dengan niatan yang tulus akhirnya dapat terselenggara. Hadir juga Dik Doank, Narji Cagur, Tokoh masyarakat H Yoyok dan pejabat Pemerintah Kota Tangsel,” tandasnya. (adv)

Komentar Anda

comments