Sering Telat Makan? Ini Dia Dampaknya

oleh
Ilustrasi.
banner 300250

Palapanews.com- Selain memicu penyakit lambung, sering telat makan juga bisa memengaruhi sistem pencernaan Anda. Telat makan atau makan tidak teratur dapat menurunkan energi yang digunakan untuk mencerna dan menyerap makanan dan tentu saja bisa menganggu pencernaan Anda.

Sistem pencernaan melakukan pengolahan makanan terus-menerus selama 8-10 jam, sehingga saat Anda makan tidak teratur, tubuh juga tidak dapat menyuplai nutrisi secara teratur ke seluruh organ dan sel.

Metabolisme tubuh juga ikut melambat untuk menyimpan kalori dalam tubuh agar bisa dibakar dalam waktu yang lama. Hal ini akan membuat Anda lebih mudah lelah, lemas, lesu, bahkan mood Anda jadi tidak baik. Aktivitas Anda pun jadi ikut terganggu, seperti dikutip dari Hellosehat.com.

Selain itu, makan tidak teratur justru dapat meningkatkan berat badan Anda. Ritme sikardian mengatur sinyal lapar dan kenyang yang dapat menjaga berat badan Anda tetap ideal. Saat Anda makan tidak teratur, tubuh Anda jadi bingung sebenarnya Anda sudah kenyang atau masih lapar.

Bisa-bisa Anda pun akan tetap makan banyak meskipun sudah kenyang. Apalagi kalau Anda melewatkan sarapan atau makan siang, kemungkinan besar ketika Anda akhirnya makan, Anda jadi kalap dan makan kebanyakan. Inilah yang lantas membuat angka timbangan Anda naik. (red)

Komentar Anda

comments