Kali Apur dan Kali Baru jadi Wisata Lokal di Batuceper

Palapanews.com- Seolah tak mau kalah dengan beberapa kecamatan lain yang telah mengembangkan wisata lokal, Kecamatan Batuceper pun terus berusaha mengembangkan beberapa destinasi menarik yang bisa dinikmati oleh para wisatawan. Dua diantaranya adalah Pintu air Kali Apur dan Kali Baru.

Pintu Air yang terletak di Kelurahan Poris Jaya dan Poris Gaga Kecamatan Batuceper, Kota Tangerang, bakal ditata jadi destinasi Kampung Wisata Air. Meskipun dulunya dianggap seram oleh warga, kedua Pintu Air yang dibangun masa kolonial Belanda itu sangat potensial untuk dijadikan destibasi wisata lokal.

Camat Batuceper Nurhidayatullah yang ditemui saat menggelar acara Penanaman Pohon dan Kerja Bakti bersama warga menjelaskan, di wilayahnya banyak potensi yang harus dikembangkan. Potensi ini akan dikembangkan dengan bersama-sama masyarakat.

“Sehingga yang sebelumnya tidak ada jadi ada,” katanya, Jumat (20/04).

Ayak sapaan akrab Camat Batuceper menyampaikan, di Batuceper ada tiga destinasi wisata yang tengah dikembangkan. Seperti di Batusari, Kebon Besar, dan di Pintu Air yang masuk Kelurahan Poris Jaya dan Poris Gaga. Pengembangan wisata dilokasi tersebut mendapat dukungan penuh dari masyarakat.

“Ini murni usulan dari warga kita selaku pemerintah sudah pasti mendukung,” tuturnya.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Kota Tangerang, Dadi Budaeri yang juga hadir di acara kerja bakti mengucapkan terimakasih kepada Kelurahan Poris Jaya dan Kelurahan Poris Gaga. Karena mau membangkitkan potensi lokal dengan membuat pintu air menjadi kampung wisata air.

Lebih lanjut, Sekretaris Daerah Dadi Budaeri mengatakan, upaya masyarakat untuk menciptakan destinasi wisata baru berbasis lingkungan sangat positif dan harus diperjuangkan pemerintah.

“Ya, kedepan kita akan buat kajian untuk pintu air yang rencananya akan dibuat destinasi wisata oleh masyarakat. Seperti apa nantinya, kita akan lakukan,” katanya.

“Prinsipnya, kita harus realisasikan secepatnya.Silahkan desainnya dibuat seperti apa,” imbuh Sekda seraya menambahkan bahwa soal penataan bisa dilakukan bersama instansi terkait. Dukungan swasta dan pastinya masyarakat setempat.

Lurah Poris Jaya Budi Permana mengharapkan lokasi kampung wisata air itu nantinya bisa membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekitar.

“Nanti Pintu Air bisa Dikelola masyarakat terutama para pemuda di sini,” tukasnya. (ydh)

Komentar Anda

comments