5 Manfaat Luar Biasa Minum Air Putih

Palapanews.com- Air begitu penting bagi tubuh. Oleh sebab itu, biasakanlah konsumsi air sesuai yang dibutuhkan tubuh, termasuk dengan minum air putih setelah bangun tidur.

Begitu pentingnya fungsi air putih bagi kelancaran berbagai sistem di dalam tubuh untuk menjalankan fungsinya. Kurang lebih 70% bagian dari tubuh mengandung air.

Dikutip dari Klikdokter.com, ketika kebutuhan air di dalam tubuh tidak tercukupi, maka dapat timbul masalah kesehatan, baik dalam jangka pendek maupun jangka panjang.

Pria dewasa membutuhkan minimal 2,5-2,6 liter atau sekitar 8 gelas air putih setiap harinya. Sedangkan wanita dewasa membutuhkan minimal 2,3 liter atau sekitar 7 gelas setiap harinya. Tetapi, aktivitas yang dilakukan seseorang juga dapat memengaruhi kebutuhan cairan di dalam tubuhnya.

Minum air putih memang dianjurkan karena memberi serangkaian manfaat bagi kesehatan, salah satunya minum air putih setelah bangun tidur. Berikut beberapa manfaat yang bisa Anda rasakan bila memiliki kebiasaan minum air putih setelah bangun tidur.

  • Meningkatkan kecepatan metabolisme

Minum air putih dalam keadaan perut kosong akan meningkatkan kecepatan metabolisme tubuh kurang lebih 24%. Metabolisme yang meningkat juga dapat meningkatkan kecepatan kerja sistem pencernaan, sehingga proses pencernaan bisa berjalan lebih lancar.

Selain itu, air yang Anda minum juga dapat sekaligus membersihkan usus yang pada akhirnya lebih memudahkan proses penyerapan nutrisi makanan.

  • Sebagai upaya rehidrasi

Ketika Anda tidur dalam beberapa jam, tidak ada sedikit pun asupan yang masuk ke dalam tubuh, termasuk air putih. Padahal selama tidur tubuh melakukan proses metabolisme dan menggunakan cadangan air yang berada di dalam tubuh.

Oleh karena itu, tubuh Anda membutuhkan asupan air putih saat bangun tidur untuk mengisi kembali cadangan air yang dibutuhkan tubuh. Dengan demikian hal tersebut juga bisa membuat Anda terhindar dari dehidrasi atau kekurangan cairan.

  • Menguatkan sistem kekebalan tubuh

Minum air putih dalam keadaan perut kosong akan membantu meningkatkan kerja sistem limfatik, yakni salah satu bagian penting dari sistem kekebalan tubuh. Ketika sistem kekebalan tubuh semakin kuat, maka dapat mencegah Anda terserang berbagai penyakit.

  • Mengeluarkan racun dari tubuh

Ginjal memiliki fungsi mengeluarkan zat-zat sisa metabolisme dan racun dari dalam tubuh. Fungsi ginjal tersebut dapat berjalan dengan maksimal bila Anda mencukupi kebutuhan cairan dengan minum air putih.

Setelah semalaman tubuh menjalankan proses detoksifikasi, minum air putih setelah bangun tidur akan membantu dalam proses pengeluaran hasil detoksifikasi dari dalam tubuh melalui urine. Konsumsi air putih yang cukup dapat memaksimalkan fungsi ginjal.

  • Mencegah penyakit saluran kemih

Minum air putih sesaat setelah bangun tidur dapat membantu untuk mencegah terserang penyakit saluran kemih, seperti batu ginjal atau pun infeksi saluran kemih. Konsumsi air putih dalam keadaan lambung yang masih kosong dapat melarutkan asam yang menyebabkan batu ginjal.

Selain itu, minum air putih juga dapat membantu fungsi kerja saluran kemih dalam mengeluarkan kuman penyebab infeksi saluran kemih dari dalam tubuh.

Begitu banyak manfaat yang bisa Anda rasakan ketika memiliki kebiasaan minum air putih setelah bangun tidur. Dengan cara sederhana tersebut tubuh Anda pun menjadi lebih sehat. Ayo, mulai kebiasaan baik ini begitu beranjak dari tidur di pagi hari! (kd/red)

Komentar Anda

comments