Pemuda Tangsel Dapat Pelatihan Membuat Alat Musik

Palapanews.com- Dinas Ketenagakerjaan (Disnaker) Kota Tangerang Selatan (Tangsel) memfasilitasi pelatihan membuat alat musik. Kegiatan pelatihan ini diperuntukan bagi puluhan pemuda di Lengkong Gudang Timur, Kecamatan Serpong.

Kepala Disnaker Kota Tangsel, Purnama Wijaya mengungkapkan pelatihan ini merupakan usulan dari masyarakat yang tertuang pada F1 musyawarah rencana pembangunan (Musrenbang). Melalui program ini diharapkan pelatihan yang datangnya langsung dari permintaan masyarakat ini bisa mendapatkan hasil maksimal.

“Kita memberikan pelatihan pembuatan alat musik gitar akustik dan cajon, mereka dilatih oleh pengrajin alat musik yang sekaligus anggota karang taruna Tangsel,” ungkapnya di lokasi kegiatan, Senin (16/4) kemarin.

Purnama berharap kegiatan yang diusulkan mereka tepat sasaran. Peserta pelatihan juga diharapkan dapat mengembangkan usaha menjadi wirausaha, sekaligus mengurangi angka penganguran dan menekan angka kemiskinan di Tangsel.

Selama kegiatan pelatihan berlangsung, para pemuda peserta pelatihan masuk untuk mengikuti praktek dari Senin hingga Jumat mulai Pukul 08.00 hingga 16.00 WIB.
“Selesai pelatihan dan mereka sudah bisa membuat alat musik, maka Dinas Ketenagakerjaan akan mengeluarkan sertifikat untuk mereka,” Purnama menambahkan.

Junaidi, salah seorang peserta mengaku senang bisa mendapat pengetahuan dan keahlian untuk membuat alat musik.

“Saya senang bisa ikut pelatihan ini, semoga dengan pelatihan membuat alat musik ini bisa saya terapkan di rumah dan bisa membuka usaha di bidang alat musik ini,” katanya.

Pelatihan keterampilan dan keahlian pembuatan alat musik oleh Disnaker Kota Tangsel berlangsung di Ruko Kokorun Siji, Kecamatan Serpong.

Pelatihan yang berlangsung selama 10 hari dari Senin (16/4) hingga Senin (30/4) diharapkan bisa meningkatkan produktifitas anak-anak muda di bidang musik.

Perlu diketahui, cajon (baca : kahon) adalah jenis alat musik perkusi yang cara memainkannya dipukul. Cajon modelnya seperti perkusi dan berasal dari Peru. (hms/red)

Komentar Anda

comments