Pemkot Depok Usul LRT Masuk Jalan Margonda

oleh
Ilustrasi. (bbs)

Palapanews.com- Pemerintah Kota (Pemkot) Depok, Jawa Barat, mengusulkan transportasi massal Light Rail Transit melintasi Jalan Margonda Raya. Keberadaan LRT diharapkan mengurai kemacetan di salah satu kawasan tersibuk di Kota Depok itu.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Depok, Dadang Wihana mengaku pihaknya sudah mengusulkan LRT pada Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ). Selain ke BPTJ, Pemkot Depok juga sudah membicarakan penanganan kemacetan di Margonda dalam rapat Badan Kerja Sama Pembangunan (BKSP) Jabodetabekjur.

“Dalam perencanaan, LRT hanya sampai Cibubur (Jakarta Timur). Kami ajukan LRT masuk kawasan Jalan Margonda, tepatnya di Pondok Cina,” Dadang Wihana menambahkan.

Moda transportasi massal, menurut Dadang, dapat mengantisipasi kemacetan karena mampu mengurangi volume kendaraan yang bergerak menuju Jakarta. Dengan begitu, warga tidak menggunakan kendaraan pribadi saat melakukan aktivitas kerja.

“Di Depok ada KRL Commuter Line, bus Transjakarta, dan ditambah LRT kalau di setujui sampai Margonda. Diharapkan bisa mengurangi kemacetan,” tandasnya dikutip dari okezone.com.

Jalan bebas dari kemacetan sudah pasti menjadi keinginan bersama sehingga berbagai upaya terus dilakukan. Bahkan ada wacana dari Pemprov Jawa Barat yang akan menerapkan electronic road pricing (ERP) di Jalan Margonda.

“Itu semua masih kajian dan perlu adanya koordinasi,” kata Dadang. (one)

Komentar Anda

comments