BI Prediksi Ekonomi Banten Tumbuh 6 Persen

oleh
Ilustrasi.

Palapanews.com- Meskipun tahun 2018 menjadi tahun politik, Bank Indonesia (BI) Perwakilan Banten memprediksi tingkat pertumbuhan ekonomi Provinsi Banten secara keseluruhan, diperkirakan tumbuh pada kisaran 5,6%-6,0% (yoy).

“Kami memperkirakan tahun 2018 bisa tumbuh sekitar 5,6 sampai dengan 6,0 persen. Kemungkinan besar akan tumbuh di angka itu,” ujar Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Banten, Rahmat Hernowo.

Dia menjelaskan, produsen tekstil, percetakan, serta usaha lain yang berkaitan dengan pelaksanaan pesta demokrasi sangat diuntungan dengan adanya pesta demokrasi di empat daerah, yakni di Kabupaten Lebak, Kota Serang, Kabupaten, dan Kota Tangerang.

Selain itu, pertumbuhan ekonomi Banten juga di topang dengan melonjaknya konsumsi rumah tangga, pemerintah, serta kinerja investasi di periode tengah tahun bersamaan dengan momen menjelang Ramadan, Hari Raya Idul Fitri serta pelaksanaan Pilkada.

“Bila terjadi proses pergantian pemerintah daerah (pilkada) huru-hara, sekali itu terjadi memperbaiki (ekonomi) sesuai target sangat sulit. Kita berharap itu tidak terjadi, masyarakat menjaga ketentraman dan situasi tetap kondusif,” kata Rahmat.

Rahmat menambahkan, saat ini yang dapat memengaruhi pertumbuhan ekonomi di Banten, salah satunya investasi. Untuk keseluruhan tahun 2018, inflasi Provinsi Banten diperkirakan berada di kisaran 3,5±1% (yoy).

“Adapun risiko yang akan dihadapi diantaranya adalah peningkatan harga minyak dunia dan penguatan dolar Amerika Serikat,” tandasnya. (sdn/red)

Komentar Anda

comments