Debat Publik 2018, Arief – Sachrudin Dihujani Pertanyaan

Palapanews.com-  Debat Publik Pemaparan dan Pendalaman Visi Misi Pasangan Calon (Paslon) pada Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Tangerang tahun 2018 terselenggara di Ballroom Hotel Narita Cipondoh, Kota Tangerang, Jumat (14/4) malam.

Kegiatan tersebut disiarkan secara langsung oleh stasiun televisi swasta, dipandu Ratna Dumila sebagai moderator. Hadir pula dalam kegiatan diantaranya Ketua KPU Provinsi Banten beserta jajaran, Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), serta jajaran Komisioner KPU dan Panwaslu Kota Tangerang.

Kegiatan tersebut mengusung tema “Tata Kelola dengan Baik dan Bersih dalam Kerangka Otonomi Daerah”. Kegiatan difasilitasi oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tangerang sebagai penyelenggara Pilkada 2018.

Ketua KPU Kota Tangerang, Sanusi mengatakan, kegiatan ini merupakan tugas KPU sebagaimana diamanahkan PKPU No 4 tahun 2017. “Sengaja kami siarkan secara langsung debat ini, agar masyarakat Kota Tangerang pada umumnya dapat menyaksikan visi dan misi pasangan calon Walikota dan Wakil Walikota,” kata Sanusi, dalam sambutannya.

Dilanjutkan Sanusi, tentu banyak yang bertanya-tanya kenapa debat publik ini tetap dilaksanakan padahal hanya satu paslon, kata Sanusi, hal itu merupakan amanah yang juga dijalankannya sesuai PKPU No 14 tahun 2015, sebagaimana telah diubah dengan PKPU No 13 tahun 2018, tentang pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, Walikota dan Wakil Walikota.

“Dengan debat ini, kami berharap masyarakat Kota Tangerang dapat menilai dan menentukan pilihannya di hari pencoblosan pada Rabu, 27 Juni 2018 mendatang,” terang Sanusi.

“Kami juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh warga Kota Tangerang, karena sampai hari ke 59 masa kampanye ini, suasana di Kota Tangerang tetap aman dan kondusif,” imbuhnya.

Selanjutnya acara inti yakni pemaparan visi dan misi paslon Walikota dan Wakil Walikota Tangerang, Arief R Wismansyah – Sachrudin, dipandu moderator dengan lima panelis diantaranya Prof. Dr. Lili Romli M.si, Dr. Gun Gun Heryanto M.si, Dahnil Anzar Simanjuntak, Dr. Mustofa Kamil, dan Endah Sricahyani Sucipto M.si.

Dalam kesempatan itu, paslon diberi waktu 5 menit untuk menyampaikan visi dan misinya kepada publik. Pertanyaan demi pertanyaan menghujani paslon dari kelima panelis secara berurutan. Pada sesi tersebut, calon Walikota Kota Tangerang, Arief R Wismansyah didampingi calon Wakil Walikota Tangerang, Sachrudin, berhasil menjawab sekian banyak pertanyaan yang dilontarkan panelis.

Adapun visi misi yang disampaikan paslon utamanya adalah mewujudkan masyarakat yang sejahtera, berakhlakul karimah, dan berdaya saing.

“Selama ini kami mengedepankan nilai-nilai efisiensi dan efektifitas dalam hal pelayanan serta pengelolaan pemerintah. Namun yang menjadi tantangan kita kedepan adalah bagaimana membangun jalur komunikasi dengan masyarakat, sehingga apa yang diharapkan masyarakat bisa kita kelola dan pemerintah sanggup memfasilitasi,” papar Arief. (ydh)

Komentar Anda

comments