Marinus Gea Ajak Jurnalis Tangkal Hoax

oleh
Anggota DPR Marinus Gea ajak jurnalis tangkal hoax. (ist)

Palapanews.com- Anggota komisi IX DPR RI Marinus Gea mengajak insan pers untuk bersama-sama menangkal hoax atau informasi bohong yang menyesatkan.

Ajakan tersebut dikemas secara apik dalam diskusi pagi bersama para jurnalis diantaranya Aimarani reporter senior MNC Tv dan Yan Dwita Hermansyah, Ketua Pokja WTHR disalah satu stasiun radio dikawasan Tangerang, Jum’at (13/04).

“Hoax itu menganggu jiwa, bukan hanya pembaca yang jiwanya terganggu, tetapi si pembuat hoax juga sama. Karena dia senang memberikan informasi bohong dan adu domba masyarakat,” ucap politisi PDI Perjuangan itu.

Ia mengajak insan pers untuk menjadi garda terdepan dan benteng pertama menangkal hoax. “Yaitu dengan tidak membuat hoax dan menyebarkannya. Lalu membuat berita sesuai koridor kode etik jurnalistik,” singkatnya.

Menurut Aimarani, Hoax sudah ada di Indonesia sejak lama. Bahkan ketika surat kabar masih dicetak dalam rentang waktu enam bulan sekali.

“Hoax bukan fenomena baru, tapi di era digitalisasi dan milenial ini, hoax bagaikan sebuah wabah yang bisa mengancam kita sebagai sebuah bangsa,” kata mantan ketua IJTI Banten itu.

Sementara Yan Dwita Hermansyah menjelaskan Hoax bukanlah sebuah produk jurnalistik. Sehingga tidak layak untuk disebut sebuah berita.

“Bisa disebut sebuah berita jika informasi tersebut adalah peristiwa yang benar terjadi, fakta dan juga struktur penulisan yang baik,” paparnya.

Sehingga ia mengajak masyarakat agar selektif dalam menerima link berita atau gambar yang berisi konten provokatif.

“Yang paling utama adalah lihat dulu sumber beritanya, karena kecil kemungkinan portal berita terkenal sebarkan hoax. Dan bermedia sosial lah dengan bijak,” singkatnya. (ydh)

Komentar Anda

comments