Warga Diajak Peduli Rawat Situ Gintung

oleh
Peasangan spanduk ajakan lestarikan Situ Gintung. (ist)

Palapanews.com- Warga sekitar Situ Gintung di Kelurahan Cirendeu, Ciputat Timur, Kota Tangerang Selatan (Tangsel) kurang peduli melestarikan situ yang sempat jebol sembilan tahun silam ini.

“Rendahnya kesadaran peran serta masyarakat pada situ jadi persoalan tersendiri. Situ Gintung contoh satu dari 9 situ di Tangsel. Tak jauh beda kultur masyarakat terdekat situ memiliki tabiat sama rendah kepedulian, ini perlu didorong untuk ditingkatkan,” kata Lurah Cirendeu, Win Fadlianta.

Maka itu, pihaknya menyebar spanduk ajakan kepada masyarakat untuk melestariakn Situ Gintung. Spanduk itu, disebar di empat titik lingkungan Situ Gintung.

“Jajaran pemerintah pada level paling bawah, lurah dan camat tak pernah bosan dan alergi ajak masyarakat jaga situ. Pemerintah sifatnya formal ketika turun ke lapangan harus ada program kegiatan, dan lain sebagainya. Beda masyarakat di kawasan situ kapan saja bisa melakukan pembersihan,” tambahnya.

Merawat situ sebetulnya tidak melulu soal sampah, tapi manjaga ancaman perusakan olah tangan-tangan jahil. Misalnya vandalisme, pembuatan tambak/keramba, tempat berpacaran dan membuat keonaran menyebabkan masyarakat enggan datang.

Kawasan ruang terbuka hijau menjaga ekosistem tumbuhan dan hewan, ikan dan lain-lain. Pentingnya RTH bagi biota makhluk hidup selain manusia. Kepentingan manusia dengan RTH juga berkait, mengurangi polusi udara, produksi oksigen dengan baik.

“Bisa dibayangkan kawasan perkotaan hanya ditumbuhi bangunan gedung dan rumah-rumah. Bising, kualitas udara menurun akibat minimnya pepohonan sangat tidak sehat. Oksigen yang kita hidup anugrah Tuhan Yang Maha Esa, cara menjaganya pelihara lingkungan,” kata dia.

Semangat Lurah Cirendeu Win Fadlianta memperoleh dukungan dari Direktur Jenderal Sumber Daya Air (Dirjen SDA) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Bendungan Balai Besar Wilayah Sungai Ciliwung Cisadane, Putu Joni Wiryadi.

“Kami mengapresiasi kepada lurah, camat dan Pemkot Tangsel secara khusus mendukung program Situ Gintung. Bantuan pemerintah daerah merawat situ supaya tidak terokupasi, serta tetap lestari, sangat baik,” jelasnya. (hms/one)

Komentar Anda

comments