Cara Sehat Menghindari Jerawat

Ilustrasi.

Palapanews.com- Sebagian besar dari kita pasti pernah merasakan penyakit kulit satu ini. Cukup mengganggu, apalagi posisinya tepat pada bagian wajah.

Adalah jerawat, penyakit kulit yang biasa muncul di sekitar wajah, dada, atau punggung. Tingkatannya bisa bervariasi, mulai dari yang ringan seperti komedo hingga tingkatan yang lebih parah seperti bintik-bintik yang berisi kista dan nanah.

Pada umumnya, dikutip dari alodokter.com, jerawat disebabkan oleh perubahan kadar hormon, tapi ada juga sebagian makanan yang dapat menyebabkan jerawat lebih mudah muncul. Berikut ini adalah empat makanan yang sebaiknya Anda hindari demi menghindari timbulnya jerawat.

Lalu, seperti apakah sebenarnya cara tepat menghindari dan mengurangi jerawat?

Mulai dari makanan
Ya, Anda harus memulainya dari makan makanan yang tentunya sehat. Hal ini disebabkan kandungan yang terdapat dalam makanan dapat memengaruhi tubuh kita. Agar Anda terhindar dari jerawat, tidak ada salahnya memulai pola makan yang sehat. Makanan yang baik untuk dikonsumsi agar terhindar dari jerawat, salah satunya adalah kacang. Meski sering disebut sebagai penyebab jerawat, ternyata makan kacang yang kaya dengan asam lemak omega-3 dapat mengurangi inflamasi di sekitar kelenjar minyak. Selain kacang, ikan juga baik untuk Anda konsumsi agar terhindar dari jerawat.

Pola hidup sehat
Sudah menjadi rahasia umum jika pola hidup sehat dapat memengaruhi kesehatan organ tubuh kita. Begitu juga dengan jerawat. Tidur secukupnya tidak terlalu malam dan olah raga yang teratur juga dapat membantu berkurangnya jerawat. Jika Anda sering tidur larut, mulailah untuk tidur lebih awal. Karena jika Anda kurang tidur, tiap jamnya dapat memengaruhi peningkatan stres sebanyak hampir 15 persen. Meningkatnya stres dapat memicu glukokorticoid, sehingga dapat merusak struktur dan fungsi kulit. Selain tidur yang cukup dan teratur, Anda juga perlu melakukan olahraga karena olahraga mampu mengurangi stres.

Jaga kebersihan kulit
Jika Anda ingin terhindar dari jerawat, tentunya perlu menjaga kesehatan kulit. Caranya adalah dengan mencuci wajah sebanyak dua kali dalam sehari, yaitu pada pagi dan malam. Hal ini penting dilakukan karena kotoran, keringat, dan kosmetik dari aktifitas seharian menempel di wajah Anda dan dapat menyebabkan penyumbatan pada pori-pori yang menyebabkan jerawat.

Kulit yang sehat dan terjaga tidak hanya memengaruhi kesehatan organ dalam tubuh, tapi juga penampilan. Untuk terhindar dari jerawat, Anda perlu menjaga pola hidup yang sehat dan membatasi konsumsi jenis-jenis makanan penyebab jerawat. Di samping itu, jangan lupa untuk minum air putih yang cukup, setidaknya delapan gelas sehari, agar kulit Anda terhidrasi dengan baik dan tubuh Anda pun tetap sehat. (red)

Komentar Anda

comments