Wujudkan Perilaku PHBS, Pemkot Tangerang Gencarkan Sosialisasi ke Masyarakat

oleh

Palapanews.com Untuk mewujudkan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) bagi masyarakat tidaklah mudah, sehingga dibutuhkan dukungan serta sosialisasi kepada masyarakat Kota Tangerang.

PHBS adalah semua perilaku kesehatan yang dilakukan ataskesadaran sehingga anggota keluarga atau keluarga dapat menolong dirinya sendiri di bidang kesehatan dan berperan aktif dalam kegiatan-kegiatan kesehatan di masyarakat.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Tangerang, Dadi Budaeri menerangkan, PHBS sangat penting untuk dilakukan ditengah masyarakat. Sebab, dengan menerapkan PHBS maka masyarakat Kota Tangerang akan lebih sehat.

“Kami dari Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang terus melakukan sosialisasi tentang arti pentingnya PHBS bagi kehidupan sehari-hari,” kata Dadi Budaeri.

Dikatakan Dadi, tiap kecamatan hingga kelurahan memiliki kader pasyandu yang nantinya secara aktif mengajak masyarakat untuk menerapkan Pola Hidup Bersih dan Sehat.

“Tim dari masing- masing posyandu yang tersebar di seluruh Kota Tangerang secara langsung turun ke masyarakat untuk mewujudkan Pola Hidup Bersih dan Sehat, bahkan membentuk Kampung PHBS,”pungkasnya.

Dadi menambahkan, Pemkot Tangerang terus mencanangkan Program Kampung Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) di setiap Kecamatan di masing – masing Kelurahan.

“Tujuan dari pembentukan Kampung PHBS tersebut adalah untuk merubah wilayah yang kumuh menjadi layak huni,” kata Dadi seraya menambahkan, Kampung PHBS mencermikan masyarakat yang mempunyai sifat gotong royong dan peduli akan lingkungan.

“Masyarakat (ibu-ibu)  untuk senantiasa menjaga kebersihan dan kesehatan lingkungan, sehingga kampung yang sudah sangat baik ini bisa dipertahankan,” paparnya.

Dadi menambahkan, konsep Kampung Sehat atau yang lebih dikenal sebagai Kampung PHBS sangat penting keberadaanya karena melalui Kampung Sehat diharapkan warga masyarakatnya memiliki sumber daya dan kemampuan serta kemauan secara mandiri untuk mencegah dan mengatasi masalah-masalah kesehatan termasuk bencana.

“Kampung Sehat bisa menumbuhkan budaya hidup bersih di masyarakat. Kepedulian yang tumbuh tersebut dapat membantu pemerintah dalam menciptakan lingkungan yang sehat dan nyaman,” paparnya.

Salah satu Kampung PHBS di Kota Tangerang adalah Cipondoh Makmur. Dimana, Kampung PHBS tersebut banyak memiliki program-program yang kreatif antara lain, adanya tempat sampah di setiap sudut rumah, kebun mini yang terus di rawat, penghijauan yang ada di setiap pekarangan rumah, jalan serta dinding jalan lingkungan yang dicat warna-warni. Di Cipondoh Makmur juga bisa ditemukan Bank Sampah yang pengelolaanya dilakukan secara mandiri dan profesional oleh masyarakat. (Adv)

Komentar Anda

comments