DPAD Kota Tangerang Komitmen Tingkatkan SDM Pengelola Perpustakaan

oleh

Palapanews.com- Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang melalui Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah (DPAD) Kota Tangerang menggelar bimbingan teknis yang diperuntukkan bagi pengelola perpustakaan yang ada di Kota Tangerang. Kegiatan ini sebagai wujud komitmen DPAD meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) pengelola perpustakaan.

Bimbingan teknis yang digelar di Aula Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Kota Tangerang ini diikuti oleh 100 peserta dari berbagai perpustakaan yang ada di Kota Tangerang.

Menurut Kepala Bidang Perpustakaan pada Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Kota Tangerang, Zaelani mengatakan bimbingan teknis ini memang diperuntukan bagi pengelola arsip di Kota Tangerang mulai dari pengelola perpustakaan di kecamatan, masjid, pondok pesantren hingga posyandu.

“Mereka (pengelola perpustakaan) diberikan pengetahuan bagaimana caranya untuk mengelola perpustakaan yang baik, mulai menyusun buku, katalog hingga dibaca oleh masyarakat,” kata Zaelani.

Bimbingan teknis ini, kata Zaelani juga untuk meningkatkan pengetahuan pengelola perpustakaan sesuai standar operasional prosedur (SOP). “Dengan bertambahnya pengetahuan, tentunya pelayanan yang diberikan oleh pengelola perpustakaan pun semakin baik,” pungkasnya.

Bimbingan teknis yang mengambil tema “Upaya Peningkatakan Minat Baca Bagi Masyarakat” ini diharapkan bisa di implementasikan dalam memberikan pelayanan kepada pembaca. Selain itu, pengelola perpustakan bisa lebih kreatif, inovatif dengan penerapan teknologi informasi yang terus berkembang.

“Adanya bimbingan teknis ini, pengelola perpustakaan bisa meningkatkan produktifitasnya, memperbaiki cata kerja pengelola perpustakaan, dan meningkatkan kemampuan pelaksanaan tugas dengan baik,” paparnya.

Salman Alfais, salah satu peserta bimbingan teknis dari Masjid An Nur, Kelurahan Sudimara Barat, Kecamatan Ciledug menerangkan, kegiatan bimbingan teknis ini sangat bermanfaat sekali dalam menjalan perpustakaan, khususnya di Masjid An- Nur.

“Masjid tidak hanya sebatas tempat ibadah, tapi masjid juga sebagai tempat menimba ilmu, memperluar wawasan. Dan, salah satunya dengan membaca buku yang ada di perpustakaan,” terangnya.

Diketahui, untuk meningkatkan minat baca bagi masyarakat Kota Tangerang, Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Kota Tangerang terus melakukan sosialisasi kepada masyarakat untuk mau membaca. Dan, Kota Tangerang tercatat memiliki 60 perpustakaan hingga tingkat Kecamatan. (adv)

Komentar Anda

comments