Waw, Kulit Pisang Bisa Diolah Jadi Kripik

Pemilik IKM Keripik Pisang, Vipo

Palapanews.com- Bagi sebagian orang, kulit pisang mungkin hanyalah limbah yang tidak memiliki manfaat dan dibuang begitu saja. Namun, ditangan Vipo Andriani, pelaku Industri Kecil dan Menengah (IKM) asal Kelurahan Bojong Pondok Terong, Kecamatan Cipayung, Kota Depok, kulit pisang diolah menjadi camilan yang bernilai jual.

“Ide awal membuat kerupuk dari kulit pisang ini saat saya bersama suami sedang dalam perjalanan dan melihat limbah kulit pisang yang dibuang begitu saja dan berserakan di jalan. Saya mulai berpikir kenapa kulit pisang ini tidak diolah menjadi camilan. Terlebih kulit pisang mengandung banyak vitamin, magnesium dan kalsium,” tutur Pemilik IKM Kerupuk Pisang, Vipo Andriani.

Dirinya menjelaskan, membuat kerupuk pisang tidak terlalu rumit tetapi membutuhkan proses yang panjang. Sebab, kulit pisang dicuci dan dikukus terlebih dahulu, kemudian dicampur bersama bahan lainnya seperti susu dan tepung tapioka untuk diblender menjadi jadi satu. Selanjutnya dibekukakan lalu diiris tipis-tipis, kemudian dijemur lalu digoreng sebelum dikemas.

“Sebelum menjadi produk yang sekarang, saya sempat beberapa kali melakukan uji coba dengan membagikan sampel kepada tetangga sekitar dan tanggapan mereka cukup beragam. Lewat berbagai uji coba tersebut, Alhamdulilah sekarang pemintaan terhadap produk saya terus meningkat setiap bulannya,” jelasnya.

Dirinya menambahkan, dengan berbagai upaya yang dilakukan, kini produknya telah dipasarkan hingga ke Riau. Sementara, untuk omsetnya pun terus meningkat. Dengan modal awal Rp200 ribu, kini omsetnya mencapai Rp400 ribu per hari.

“Harapannya Pemerintah Kota (Pemkot) Depok terus mendukung pelaku IKM seperti saya lewat berbagai cara agar kami semakin berkembang, sehingga dapat memberi kontribusi terhadap perkembangan ekonomi di Kota Depok,” katanya. (red)

Sumber: depok.go.id

Komentar Anda

comments