Cepat Haus saat Konsumsi Makanan Manis, Kenapa?

oleh
Ilustrasi.
Ilustrasi.

Palapanews.com- Bagi Anda yang sering mengonsumsi makanan ataupun minuman manis, mungkin akan cepat merasa haus. Ini karena kandungan gula dalam makanan cenderung membuat tenggorokan terasa sangat kering. Itu sebabnya Anda menjadi cepat haus dan ingin meneguk lebih banyak cairan.

Rasa haus yang muncul setelah mengonsumsi makanan manis berkaitan dengan lonjakan glukosa (gula) dalam darah, seperti dikutip dari hellosehat.com. Saat mengonsumsi makanan manis, gula dalam makanan akan masuk ke lambung dan berlanjut ke aliran darah seluruh tubuh. Artinya, kadar glukosa darah menjadi meningkat.

Setelah partikel gula mencapai aliran darah, kandungan air dari dalam sel tubuh akan bergerak keluar sel dan masuk ke dalam darah. Hal ini bertujuan untuk menjaga keseimbangan cairan dalam darah agar tidak terlalu pekat akibat kelebihan gula. Proses ini disebut dengan osmolaritas dalam darah.

Osmolaritas adalah kondisi yang menggambarkan berapa banyak molekul yang harus dilarutkan dalam cairan. Semakin banyak zat yang dilarutkan maka semakin tinggi osmolaritasnya. Sama halnya dengan asupan gula, semakin banyak gula yang dikonsumsi maka semakin banyak pula molekul gula yang harus dilarutkan dalam cairan.

Otak secara rutin memantau konsentrasi darah untuk mempertahankan kadar yang normal. Ketika sudah terlalu banyak glukosa dalam darah, sel tubuh akan mengirimkan sinyal ke otak bahwa sudah saatnya tubuh mengonsumsi cairan tambahan. Inilah yang menyebabkan munculnya rasa haus.

Sama halnya bila Anda menenggak minuman yang mengandung gula alias minuman manis. Saat Anda merasa haus di tengah cuaca terik, mata Anda lebih tertuju pada jus segar atau minuman manis lainnya untuk melepaskan dahaga. Cara ini justru salah. Minuman manis hanya akan menambah rasa haus Anda. Maka, lebih baik pilih air putih untuk melegakan tenggorokan Anda tanpa menambah dahaga.

Sebenarnya bukan makanan manis saja yang dapat membuat Anda haus. Makanan asin dan pedas pun juga memberikan efek yang sama. Apalagi bila Anda makan makanan manis dan asin secara bersamaan, otomatis sensasi hausnya akan berlipat-lipat. (red)

Komentar Anda

comments