Mirip Gulungan Mie, Ini Resep Kue Putu Mayang

oleh
Kue putu mayang.
Kue putu mayang.

Palapanews.com- Olahan tepung beras banyak menghasilkan kue-kue yang super enak. Salah satu kue tradisional berbahan dasar tepung beras, yakni kue putu mayang yang berasal dari Betawi.

Kue basah satu ini memiliki bentuk yang khas, mirip gulungan mie dengan warna bervariasi. Biasanya, kue putu mayang dihidangkan dengan siraman kuah atau saus di atasnya yang begitu manis, enak dan legit.

Selain membelinya, Anda juga bisa menjajal membuat kue putu mayang di rumah. Cara membuatnya mudah dan sederhana, di bawah ini resep dan cara membuat kue putu mayang yang bisa anda simak.

Bahan Utama
– 300 gram tepung beras
– 1 sendok teh garam
– 1 1/2 sendok makan gula pasir
– 5 tetes pewarna hijau muda
– 4 tetes pewarna merah cabai
– 525 ml santan yang diambil dari 1 butir kelapa
– 100 gram tepung sagu
– Daun pisang

Bahan Saus
– 500 ml santan yang diambil dari 1/4 butir kelapa
– 1/4 sendok teh garam
– 75 gram nangka
– 100 gram gula merah sisir
– 1/2 sendok makan maizena
– 1 lembar daun pandan

Mengawali pembuatan kue putu mayang, langkah pertama yakni bersihkan terlebih dahulu pandan yang sudah anda siapkan. Lalu ikat simpul. Lalu ambil nangka dan potong kotak kecil. Larutkan tepung maizena dengan 1/2 sendok makan air.

Cara Membuat Kue Putu Mayang
-Langkah pertama yaitu, siapkan alat untuk memasak. Lalu masukan tepung beras, garam, gula pasir dan santan ke dalam alat memasak tersebut. Masak semua bahan-bahan tersebut sampai menggumpal.

– Kemudian, tambahkan tepung sagu sambil diuleni.

– Setelah itu, bagi adonan yang sudah anda buat tadi menjadi tiga bagian. Dimana satu bagian diberi pewarna makanan berwarna merah cabai. Lalu aduk sampai merata. Sedangkan satu bagian diberi pewarna hijau muda. Aduk kembali sampai merata. Untuk bagian lainnya dibiarkan berwarna putih.

– Masukan adonan ke dalam cetakan kue putu mayang yang sudah anda siapkan. Lalu tekan di atas daun pisang yang sebelumnya sudah diolesi dengan menggunakan minyak goreng.

– Siapkan alat untuk mengukus. Lalu kukus semua adonan sampai matang atau sekitar 15 menit dengan menggunakan api sedang. Jika sudah matang, anda bisa langsung mengangkatnya.

Cara Membuat Saus
– Masak santan bersama dengan garam, gula merah, dan daun pandan. lalu aduk-aduk sampai mendidih.

– Tambahkan larutan maizena dan potongan nangka. Lalu aduk-aduk sampai nangka setengah layu. Jika sudah seperti itu, angkat.

Sajikan kue putu mayang yang sudah anda buat tadi bersama dengan saus. Nikmati kelezatan kue yang satu ini dengan secangkir teh hangat. Selamat mencoba. (red)

Sumber: selerasa.com

Komentar Anda

comments