Resep Kue Cubit Si Jajanan Legendaris

oleh
Kue cubit coklat keju. (selaras)
Kue cubit coklat keju. (selaras)

Palapanews.com- Indonesia dikenal juga sebagai surganya jajanan pinggir jalan. Salah satu jajanan legendaris pinggir jalan ini adalah kue cubit.

Empuk, manis dan wangi. Itulah kata yang menggambarkan ciri khas kue cubit. Kue satu ini memang memiliki tekstur yang lembut, dikreasikan dengan berbagai bentuk dan di atasnya terkadang dilengkapi toping sesuai selera.

Berikut bahan dasar adonan kue cubit:

Bahan:
– 3 butir telur
– 100 gram gula pasir
– 100 gram tepung terigu
– 100 gram margarin, lelehkan
– 1 bungkus vanili bubuk
– ¼ sdt soda kue
– ½ sdt baking powder
– keju parut dan coklat meses secukupnya

Cara Membuat:
– Siapkan wadah lalu masukkan telur dan gula pasir, kocok hingga mengembang serta gulanya menjadi larut. Gambar di atas merupakan hasil kue cubit yang dikocok tanpa mixer, tetapi bisa juga menggunakan mixer untuk lebih mudah dan cepat mengembang.

– Masukkan tepung terigu sedikit demi sedikit dan aduk hingga rata. Tuang margarin cair, aduk rata dan kemudian masukkan soda kue, baking powder dan vanili bubuk. Setelah adonan rata, masukkan adonan ke dalam wadah yang ada mulutnya seperti teko atau gelas takar agar adonan lebih mudah saat dituangkan ke dalam cetakan.

– Panaskan cetakan kue cubit di atas api kecil yang terlebih dahulu diolesi sedikit margarin. Setelah panas, tuang adonan dengan volume setengah cetakan lalu tutup.

– Saat adonan sudah setengah matang dan mengembang, taburi dengan keju atau coklat meses lalu tutup dan teruskan memanggang hingga matang serta bagian bawah kuenya sedikit berwarna kecoklatan. Keluarkan dari cetakan lalu sajikan dan jika memiliki sisa keju parut dan ditaburi di atas kue cubit supaya lebih ajibb.

Selain menggunakan toping keju dan coklat, Anda juga bisa mengkreasikannya dengan toping lain, seperti nangka, kismis dan lainnya sesuai selera Anda. Selamat mencoba. (red)

Komentar Anda

comments