Terapkan Pemerintahan Yang Melayani


Pemkot Tangerang Luncurkan Aplikasi Smart City 3.0

Diterbitkan  Kamis, 11 / 01 / 2018 13:14

 

Palapanews.com- Untuk mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik dan melayani masyarakat, Pemerintah Kota Tangerang memperkenalkan sekaligus Launcing Aplikasi Smart City 3.0, yang dilakukan di Tangerang Live Room, Kamis (11/01).

Kelima aplikasi tersebut diantaranya, Sabakota, E-Transport, E-Audit, Pindah Sekolah, dan Perizinan Online.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kota Tangerang, Tabrani, mengatakan ini adalah pengembangan dari Smart City 3.0 dengan memanfaatkan geospasial yang dikembangkan dengan teknologi.

“Perijinan online sudah dilakukan di tahun 2017 melalui aplokasi android dan tangerangkota.go.id. Dari 20 perijinan online menjadi 123 perijinan online sehingga aplikasi ini memudahkan masyarakat dalam mengurus perizinan melalui sistem online,” ungkap Tabrani.

Diutarakannya, untuk aplikasi E-Transport dimaksudkan agar memberikan kemudahan kepada masyarakat dalam mengetahui transportasi yang berada di Kota Tangerang.

“E- Transport merupakan layanan transportasi berbasis patsial yang terintegrasi. Aplikasi ini juga dilengkapi dengan rute moda transportasi dengan sistem GPS Tracking,” paparnya.

Aplikasi selanjutnya adalah aplikasi SabaKota atau sistem bantuan sosial kepada masyarakat dalam rangka transparansi pengelolaan keuangan daerah yang diberikan kepada masyarakat.

“Masyarakat dapat ajukan melalui aplikasi dan mengirimkan dokumen secara langsung bahkan dapat dicek melalui aplikasi Tangerang LIVE,” paparnya.

Aplikasi E-Audit tidak ketinggalan diluncurkan dalam rangka membantu Inspektorat dalam pemeriksaan dan pengelolaan keuangan daerah.

Aplikasi kelima adalah Pindah Sekolah, melalui sistem ini masyarakat dengan mudah mengajukan pindah sekolah baik dari sekolah negeri maupun swasta.

” Selain memudahkan, sistem ini mengurangi pertemuan antara orangtua siswa dengan Guru ataupun sekolah,” ungkapnya.

Walikota Tangerang, Arief R.Wismansyah menyatakan, launching aplikasi ini menambah jumlah aplikasi yang dimiliki dan diterapkan oleh Pemkot Tangerang menjadi 174 aplikasi dan sudah bekerjasama dengan 36 Kabupaten/Kota di Indonesia.

“Aplikasi ini Lebih spesifik memahami persoalan di Kota Tangerang agar pelayanan bisa lebih Paripurna,” tutup Arief. (Gs)

Komentar Anda

comments