Jelang Tahun Baru 2018, Harga Cabai Rawit Melonjak Tajam

Diterbitkan  Kamis, 28 / 12 / 2017 15:48

Palapanews.comMenjelang Tahun Baru 2018, harga cabai rawit merah di Pasar Tradisional Kota Tangerang mengalami kenaikan cukup signifikan, Kamis (28/12).

Salah satu komoditas yang banyak diminati masyarakat tersebut menembus Rp 60 ribu per kilogram yang sebelumnya berada diangka Rp 30 ribu per kilogram. Hal ini disebabkan oleh berkurangnya pasokan dari petani karena cuaca yang ekstrim.

Salah satu pedagang cabai di Pasar Anyar Kota Tangerang, Rizal menerangkan, kenaikan harga cabai disebabkan oleh berkurangnya pasokan dari petani karena kondisi  cuaca yang ekstrim di daerah pemasok.

“Walaupun harganya tinggi, tapi konsumen tetap membeli karena untuk kebutuhan sehari-hari,” kata Rizal.

Rizal menambahkan, saat ini harga cabai rawit merah mencapai Rp 60 ribu per kilogram,bahkan untuk cabai rawit merah tanpa tangkai mencapai Rp 70 ribu per kilogram.

Sebelumnya, untuk mengantisipasi kenaikan harga kebutuhan pokok  menjelang Natal dan Tahun Baru 2018, Polres Metro Tangerang Kota bersama Kodim 0506 Tangerang, dan PD Pasar Kota Tangerang menggelar operasi pasar.

Kali ini yang menjadi sasaran operasi adalah Pasar Anyar, Kecamatan Tangerang, Kota Tangerang, Sabtu (23/12). Operasi pasar tersebut juga dihadiri oleh Kapolres Metro Tangerang Kota, Dandim 0506 Tangerang, Dirut PD Pasar Kota Tangerang, dan Camat Tangerang.

Dalam sidak tersebut para rombongan melakukan kroscek harga terhadap pedagang daging sapi, pedagang telur hingga pedagang cabai.

Dirut PD Pasar Kota Tangerang, Titin Mulyani mengatakan, sidak pasar kali ini bertujuan untuk memastikan harga kebutuhan pokok jelang Natal dan Tahun 2018. Dan, harga kebutuhan pokok pun tetap dalam keadaan normal.

“Setelah dicek, harga kebutuhan pokok tetap stabil mulai dari daging sapi hingga telur,” kata Titin seraya menambahkan, harga sayur mayur pun juga dalam keadaan stabil.

Dikatakan Titin, harga kebutuhan pokok yang mengalami kenaikan yakni Telur Ayam Broiler (dari Rp. 26.000,-/Kg naik mnjadi Rp. 26.500,-/Kg), Cabe Merah Biasa (dari Rp. 30.000,-/Kg naik mnjadi Rp. 34.000,-/Kg), Cabe Rawit Merah (dari Rp. 45.000,-/Kg naik mnjadi Rp. 50.000,-/Kg), Cabe Rawit Hijau (dari Rp. 38.000,-/Kg naik mnjadi Rp. 40.000,-/Kg). Sedangkan kebutuhan pokok yang mengalami penurunan harga yakni Cabe Merah Keriting (dari Rp. 40.000,-/Kg turun mnjadi Rp. 38.000,-Kg).

“Untuk harga daging sapi, daging ayam & bahan pokok lainnya untuk sementara belum mengalami kenaikan harga (stabil),” paparnya.

Titin juga menambahkan, kenaikan harga disebabkan karena permintaan banyak, namun terkendala cuaca & transportasi (pengiriman tdk sesuai waktu). “Untuk stok bahan pokok masih stabil/cukup,” ujarnya. (ydh)

Komentar Anda

comments