KPU Kota Tangerang Siapkan Pemutakhiran Data dan Kenalkan Sipil

oleh

Palapanews.com – KPU Kota Tangerang tengah mempersiapkan tahapan pemuthakiran data dan daftar pemilih tahun 2018. Selain itu, KPU juga memperkenalkan Sistem Informasi Pemilihan (Sipil), sebagai alat infofmasi publik dan bentuk transparansi kinerja KPU dalam tahapan demi tahapan, Jumat, (22/12).

“Sebelum masuk ke tahapan pencocokan dan penelitian oleh petugas. Saat ini kita sedang mempersiapkan dan merekrut Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP) sebanyak 3.100 personil,” ujar Komisioner KPU Kota Tangerang Divisi Perencanaan dan Data, Ahmad Syailendra saat audiensi di Sekretariat Pokja Wartawan Harian Tangerang Raya.

Menurutnya, saat ini KPU Kota Tangerang mempunyai Sistem Informasi Pemilih (SIPIL) sebagai alat informasu publik dan bentuk transparansi kinerja KPU dalam tahapan demi tahapan pemutakhiran data pemilih.

“Dalam feature nanti akan ditampilkan peta lokasi kerja PPDP sebagai alat control dan kendali dalam territorial wilayah kerjanya. Dan juga jumlah pemilih dalam setiap sebaran TPS serta hasil penghitungan suara, kemudian profil dan visi misi serta program pasangan calon Walikota Tangerang dan Wakil Walikota Tangerang 2018,” jelas Syailendra.

Selain itu, dirinya juga akan melakukan tahapan Uji Petik dan Uji Publik, sebagai upaya mengkroscek pekerjaan yang sudah dilaksanakan oleh petugas pemutakhiran data pemilih selama 30 hari. Mulai dari tingkat validitas, akurasi dan komprehesif data yang dihasilkan.

“Iya, agar proses tahapan pemutakhiran data dan daftar pemilih menjadi lebih baik, karena masyarakat harus terlayani dengan baik tanpa adanya perbedaan perlakuan,” tutupnya. (Gs)

Komentar Anda

comments