Perhatian Tinggi Terhadap Pengembangan Kompetensi ASN


Gubernur Banten Raih Anugerah Widyaiswara Utama Kehormatan dari LAN

Diterbitkan  Rabu, 20 / 12 / 2017 20:01

Palapanews.com- Gubernur Banten, Wahidin Halim menerima Anugerah Widyaiswara Ahli Utama Kehormatan dari Lembaga Administrasi Negara (LAN) RI atas kontribusi dan dedikasi kepala daerah yang tinggi terhadap pengembangan kompetensi Aparatur Sipil Negara (ASN).

Anugerah diberikan langsung oleh Kepala LAN, Adi Suyanto kepada Gubernur Wahidin Halim pada acara peresmian empat gedung baru Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Daerah (BPSDM) Provinsi Banten, di Kecamatan Karang Tanjung, Kabupaten Pandeglang, Rabu (20/12) siang.

Selain meraih Anugerah Widyaiswara Ahli Utama, Gubernur Wahidin juga menerima sertifikat Akreditasi Penyelenggaraan Pendidikan dan Pelatihan Kepemimpinan dan Prajabatan dari LAN, serta menerima sertifikat Akreditasi Penyelenggaraan Pendidikan dan Pelatihan Barang dan Jasa dari Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah (LKPP).

Kepala LAN RI, Adi Suyanto mengatakan, Anugerah Widyaiswara Ahli Utama adalah jenjang tertinggi Jabatan Fungsional Widyaiswara yang mempunyai tugas utama melakukan pendidikan pelatihan dan pengajaran (Dikjartih) dalam pelatihan ASN.

“Kami mengucapkan apresiasi kepada Pak Gubernur Banten atas perhatian besar. Dari dulu beliau ini (Gubernur Banten) selalu bersama-sama dengan LAN di Komis II, beliau sering memberikan saran dan masukan kepada LAN dalam perbaikan pengembangan kompetensi ASN. Alhamdulillah saat ini menjadi Gubernur dan memberikan perhatian besar untuk pengembangan sumber daya manusia,” kata Adi.

Bahkan menurut Adi, pemberian dan anugerah kehormatan ini tidaklah sembarangan, karena dipilih sesuai persyaratan dan kriteria yang ditetapkan LAN dengan masukan dari Ikatan Widyaiswara Indonesia (IWI). Bahkan menurutnya, Gubernur Banten, Wahidin Halim adalah Gubernur satu-satunya di Indonesia yang menerima anugerah ini.

“Kalau tidak salah ingat, Gubernur Se-Indonesia yang mendapat WIdyaiswara kehormatan baru bapak (Gubernur Banten). Karena sebelumnya kita berikan kepada tiga Menteri, jadi Gubernur ini untuk pertama kali,” ungkap Adi.

Adi melanjutkan, selain mendapatkan anugerah Widyaiswara Ahli Utama Kehormatan, LAN juga memberikan sertifikat Akreditasi Penyelenggaraan Pendidikan dan Pelatihan Kepemimpinan dan Prajabatan dengan nilai terbaik (A).

Pemberian Sertifikasi Akreditasi oleh LAN RI, kata Adi merupakan bentuk jaminan kualitas terhadap penyelenggaran diklat yang dilaksanakan oleh lembaga diklat Pemerintah.

“Akreditasi ini merupakan bentuk akuntabilitas kepada publik yang dilakukan secara objektif, adil, transparan dan komprehensif dengan menggunakan instrument dan kreteria yang mengacu kepada standar nasional pendidikan,” jelasnya.

Gubernur Banten Wahidin Halim mengucapkan terima kasih atas pembinaan, bimbingan, motivasi dan pendampingan dari instansi pusat kepada Pemprov Banten sehingga memperoleh Akreditasi A dari LAN untuk program Diklat Prajabatan dan Diklat Kepemimpinan, serta Akreditasi A dari LKPP untuk program Diklat Barang dan Jasa.

Menurut Gubernur Wahidin, Pemprov Banten dibawah kepemimpinanya bersama Wakil Gubernur, Andika memiliki misi menciptakan tata kelola pemerintahan yang baik (good governance).

“Untuk merealisasikan misi tersebut perlu adanya dukungan SDM ASN yang professional, memiliki kompetensi dalam perencanaan, merealisasikan dan mengendalikan pelaksanaan program kegiatan sesua tugas pokok dan fungsinya,” jelas WH.

Pada kesempatan ini Gubernur Wahidin juga meresmikan empat gedung baru BPSDMD yang dibangun dari dana APBD Provinsi Banten, rencananya gedung tersebut akan digunakan untuk penunjang pendidikan dan latihan kepemimpinan ASN di Provinsi Banten. Gubernur Wahidin berharap gedung ini bisa memperkuat lembaga BPSDMD dalam peningkatan SDM aparatur pemerintah.

“Semoga Allah selalu memberikan bimbingan dan perlindungan kepada kita semua untuk mewujdukan banten yang maju, mandiri, berdaya saing, sejahtera dan berakhlaqul karimah,” ucap WH.

Pada kesempatan ini Gubernur Banten juga melantik kepengurusan Ikatan Widyaiswara Indonesia (IWI) Provinsi Banten yang diketuai oleh mantan Sekretaris Daerah (Sekda) Banten Kurdi Matin. (ydh)

Komentar Anda

comments