Forum Kehumasan 2017


Humas Pemkot Tangerang Kejar Tantangan Zaman Now

Diterbitkan  Rabu, 13 / 12 / 2017 16:31

Palapanews.com Di era globalisasi ini perkembangan dunia digital semakin meningkat. Untuk itu, Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang melalui Bagian Humas dan Protokol menggelar Forum Kehumasan yang diperuntukan bagi Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

Kegiatan tahunan ini diikuti oleh 100 peserta yang terdiri Sekretaris Dinas, Sekretaris Badan, Humas PDAM Tirta Benteng, Humas PD Pasar, 13 Perwakilan Lurah  dari kelurahan yang memiliki potensi pariwisata dan ekonomi kreatif,
10 Perwakilan Kepala UPT Kesehatan/ Puskesmas yang memiliki fasilitas pelayanan 24 Jam, UGD dan fasilitas unggulan lainnya, 10 Perwakilan Kepala UPT Pendidikan Dasar dan Menengah terdiri dari  sekolah adiwiyata dan Program sekolah unggulan, warga jajaran Dinas Kominfo Kota Tangerang termasuk Admin Sosial Media Pemerintah Kota Tangerang.

Menurut Kepala Bagian (Kabag) Humas dan Protokol, Felix Mulyawan bahwa kegiatan ini sudah menjadi agenda tahunan. Pasalnya, seorang Humas Pemerintah Daerah memiliki banyak program kerja yang bertujuan untuk menjalankan visi misi Pemerintah Daerah-nya.

“Perkembangan zaman semakin meningkat, sehingga seorang humas harus mempunyai strategi baru untuk dapat menarik perhatian khalayak dan dapat langsung mencakup segmentasi dari program-program Pemerintah Daerah tersebut,” kata Felix.

Felix menambahkan,  di era informasi digital seperti saat ini ini, humas Pemerintahan dituntut untuk lebih kreatif dalam menciptakan dan memanfaatkan saluran komunikasi agar pesan dapat tersampaikan dan terlebih lagi peran serta masyarkat dalam mendukung program pemerintah dapat terwujud.

“Salah satu kajian menarik dari era digital informasi adalah lahirnya fenomena dan istilah-istilah baru seperti “kekinian”, “milenial”, “zaman-now”,” papar Felix.

Dikatakan Felix, sejatinya seorang humas harus dapat menangkap seluruh efek dari perubahan zaman agar dapat menyesuaikan dengan strategi kehumasan yang dipilihnya.

“Melalui Forum Kehumasan 2017 ini kinerja kehumasan di lingkungan Pemerintah Kota Tangerang dapat merespon perubahan zaman dan siap mengelola, menyampaikan dan menyajikan informasi dengan lebih efektif dan efisien,” jelasnya.

Sementara itu, narasumber yang hadir dalam Forum Kehumasan saat ini adalah  Nukman Lutfi (Pakar Sosial Media), Junita Kartikasari (PR PT. Combiphar/Penulis Buku “VIRAL”), Ani N. Pinem (Humas Kemenkeu/Insan Humas PR Indonesia 2017). (ydh)

Komentar Anda

comments