Tiga Raperda Tangsel Masuk Tahap Finalisasi

oleh
Ilustrasi. (bbs)

Palapanews.com- Tangerang Selatan (Tangsel) segera memiliki empat regulasi anyar. Ini setelah tiga Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) yang dibahas Panitia Khusus (Pansus) DPRD setempat masuk tahap finalisasi.

Ketiga Raperda itu, antara lain Raperda Penanaman Modal, Raperda Pengarustamaan Gender dan Raperda Bantuan Keuangan Parpol. Ketiganya akan dibahas akhir tahun ini, termasuk Raperda Retribusi Daerah.

“Pembahasan Raperda sudah melewati tahapan kajian mendalam agar benar-benar memberikan keuntungan bagi warga Tangsel,” kata Ketua Pansus Raperda Penamaman Modal, Abdul Rahman.

Soal Raperda Penanaman Modal, Abdul Rahman mengaku bahwa keberadaan regulasi ini untuk mengatur kembali tentang sistem penanaman modal di kota perdagangan dan jasa ini. Ini berlaku bagi investor asing maupun domestik.

“Kalau tidak ada halangan Selasa (hari ini) akan kita finalisasi agar bisa segera disahkan menjadi Perda. Karena menurut kami Raperda ini cukup penting bagi Kota Tangsel yang kini semakin dilirik banyak investor,” kata Arnovi -sapaan Abdul Rahman.

Anggota DPRD Kota Tangsel, Leddy MP Butar Butar menambahkan bahwa Raperda Penarustamaan Gender juga akan masuk tahap finalisasi pada hari ini, Selasa (12/12/2017). Terlebih, semua tahapan pembahasan dan pematangan materi Raperda pun sudah dilakukan.

“Sudah kami sosialisasikan juga ke semua pihak terkait dengan Raperda ini, dan rencananya besok (hari ini, red) akan kita finalisasikan agar bisa secepatnya dijadikan Perda,” kata anggota Pansus Raperda Pengarustamaan Gender ini.

Ketika ditanyai mengenai pemahaman dari Raperda tersebut, Ledy mengatakan bahwa nantinya dengan ada Raperda tersebut maka setiap Organisasi Perangkat Daerah (OPD) akan bisa melakukan kegiatan responsif gender dan menganggarkannya.

Sementara itu, Ketua Pansus Raperda Bantuan Keuangan Parpol, Saprudin mengatakan bahwa untuk Raperda Bantuan Keuangan Parpol juga sudah akan difinalisasikan dan segera disahkan menjadi Perda. Soal nilai bantuan keuangan Parpol, menurutnya akan diatur kembali melalui Peraturan Walikota (Perwal).

“Besok sudah difnialisasikan, dan nanti menunggu koreksi dari Pemerintah Provinsi Banten, untuk selanjutnya bisa disahkan menjadi Perda,” ungkapnya.

Ketua Badan Pembentukan Peraturan Daerah (Bampeperda) DPRD Kota Tangsel, Drajat Sumarsono berharap setelah semua Raperda tersebut selesai difinalisasi, maka Pemprov Banten pun tidak terlalu lama melakukan koreksinya.

“Kami berharap tidak seperti Raperda sebelum-sebelumnya yang cukup lama di Pemprov, agar kami bsia segera mungkin mengesahkannya menjadi Perda sebelum masuk pergantian tahun,” tandasnya. (jok)

Komentar Anda

comments