Menteri Yohana Resmikan Festival Kampung Berseri Astra Enggros

Diterbitkan  Selasa, 12 / 12 / 2017 9:49

Menteri Yohana (kiri) saat meresmikan Festival KBA Enggros di Papua.

Palapanews.com- Menteri Pemberdayaan Perempuan & Perlindungan Anak Yohana Susana Yembise pada siang ini (11/12/2017) meresmikan Festival Kampung Berseri Astra (KBA) Enggros, Jayapura, Papua.

Dalam keterangan persnya, pada kesempatan ini Astra mendonasikan 2.000 tas dan 500 sepatu bagi anak-anak di Kabupaten Asmat, pemberian 1.500 kacamata bagi anak-anak di Kabupaten Boven Digoel, beasiswa, tas dan kacamata bagi masyarakat Enggros. Selain itu, Astra juga meresmikan Ruang Bermain Ramah Anak dan Pusat Informasi Sahabat Anak.

Menteri Yohana menyampaikan apresiasi kepada Astra yang telah jauh-jauh datang ke Enggros dan membantu anak-anak di sana.

“Walaupun kita ini ada di ujung timur Indonesia, tapi asalkan generasi mudanya semangat saya percaya akan lahir calon-calon pemimpin bangsa,” tambah Menteri Yohana yang juga didampingi oleh Direktur Pengembangan Sumber Daya Manusia (PSDM) Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi RI Priyono, Walikota Jayapura Benhur Tomi M, Bupati Asmat Elisa Kambu dan Head of Environment & Social Responsibility PT Astra International Tbk Riza Deliansyah.

Di KBA Enggros, sejak tahun 2016 hingga 2017, PT Astra International telah melaksanakan sejumlah program dan pembinaan masyarakat yang meliputi bidang kesehatan, pendidikan, lingkungan serta pemberdayaan Usaha Kecil Masyarakat dan lainnya.

Pada bidang kesehatan, Astra melaksanakan program kesehatan ibu dan anak, pemeriksaan kesehatan gratis serta bantuan kacamata untuk anak sekolah.

Di bidang pendidikan, program yang telah dijalankan antara lain taman bacaan masyarakat, pelatihan komputer untuk masyarakat, beasiswa lestari dan bantuan tas sekolah. Kemudian di bidang bidang lingkungan, Astra melaksanakan program sanitasi lingkungan.

Untuk pemberdayaan UKM Astra telah melaksanakan pelatihan kewirausahaan berupa pengembangan kerajinan tangan dan budidaya ikan serta pasar murah Astra.

Sejak tahun 2013 hingga akhir Desember 2017, Astra telah mendirikan 71 KBA di 34 provinsi di seluruh Indonesia. Secara keseluruhan, jumlah pemberian kacamata mencapai 21.654 buah serta 25.039 tas dan sepatu untuk anak-anak di berbagai wilayah 3T (Terluar, Terdepan dan Tertinggal)

Pada prinsipnya, dimanapun Astra berada, harus memberikan manfaat bagi lingkungan sekitarnya. Perusahaan tidak hanya harus menguntungkan, tetapi juga harus berkelanjutan sejalan dengan filosofi perusahaan, Catur Dharma.(red)

Komentar Anda

comments