Permudah Pencarian Data


Bappeda Kota Tangerang Kembangkan Basis e-Data

Diterbitkan  Rabu, 29 / 11 / 2017 13:15

Palapanews.com- Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang melalui Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Tangerang tengah mengembangkan basis e-data dilingkup Pemkot Tangerang.

Pengembangan basis e-data ini bertujuan untuk memudahkan dan menyatukan data dari masing-masing Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD).

Hal ini disampaikan langsung oleh Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Tangerang, Said Endrawiyanto, Satu (29/11).

Menurut Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Tangerang, Said Endrawiyanto bahwa data merupakan hal sangat penting demi terciptanya sebuah perencanaan, khususnya bagi Pemkot Tangerang. Saat ini, Bappeda tengah melakukan pengumpulan data dari masing-masing OPD dan BUMD.

“Masing-masing data dari OPD dan BUMD sedang dikumpulkan yang nantinya akan dijadikan sebagai e-data,” kata Said Endrawiyanto.

Dikatakan Said, dengan adanya e-data nanti, maka pencarian data atau informasi dari masing-masing OPD dan BUMD tidak lagi berbentuk manual, tapi sudah berbentuk sebuah bank data yang sangat mudah untuk melakukan pencarian data. Contohnya seperti ketika ingin mencari data soal kependudukan, warga miskin hingga data banjir, maka tidak perlu lagi datang ke OPD terkait, tapi tinggal membuka di basis e-data tersebut.

“Adanya basis e-data ini tentunya sangat memudahkan untuk mencari data, khususnya dalam hal perencanaan dalam pembangunan Kota Tangerang,” papar Said seraya menambahkan, jika basis e-data ini sudah terisi mencapai 83 persen. Dan, pengumpulan data tersebut sejak 2014. Dimana, dalam pengumpulan data tersebut mencapai 35 ribu data atau dalam setahun diperkirakan mencapai 8 ribu data.

“Ditargetkan basis e-data ini akan selesai pada akhir 2018. Dengan adanya basis e-data ini masyarakat pun bisa mendapatkan informasi secara detail tentang Kota Tangerang,” jelasnya.

Sementara itu, Walikota Tangerang, Arief R Wismansyah sangat mengapresisasi dengan adanya basis e-data. Sebab, dengan adanya e-data tersebut, maka seluruh data bisa diakses kapan pun.

“Terobosan seperti inilah yang ahirnya dapat menghasilkan informasi yang dibutuhkan secara cepat pula,” pungkas Walikota Tangerang. (adv)

Komentar Anda

comments