2017, 3.579 Ruang Kelas Baru Dibangun Dindikbud Banten

Diterbitkan  Selasa, 21 / 11 / 2017 11:47

Palapanews.com- Memberikan ruang belajar yang ideal dan nyaman bagi siswa-siswinya, pemerintah provinsi melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud) Provinsi Banten membangun ribuan kelas baru di anggaran pendidikan tahun 2017 ini.

Dijelaskan Sekretaris Dindikbud Banten, Ardius, sebanyak 3.579 ruang kelas baru (RKB) dibangun tahun 2017 ini.

“Untuk jumlah ruang kelas yang akan dibangun, yaitu sebanyak 2.016 ruang kelas, sedangkan untuk unit sekolah baru (USB) sebanyak 168 unit,” katanya.

Selain untuk tingkat SMA dan SMK yang mencapai 2.016 ruangan, pembangunan ruang kelas baru juga dialokasikan untuk tingkat SD dan SMP, meskipun untuk jenjang ini bukan kewenangan dari Pemprov,

Pemprov Banten juga akan membangun RKB untuk SD dan SMP sebanyak 1.563 RKB, “Pembangunan ini bentuknya bantuan keuangan ke kabupaten/kota,” ujar dia.

Tak hanya pembangunan dan rehabilitasi ruang kelas, Dindikbud Banten juga mengalokasikan dana untuk pembangunan 168 unit sekolah baru (USB) untuk tingkat SMA dan SMK di Provinsi Banten.

Sementara itu, untuk bantuan keuangan bagi pemerintah kabupaten dan kota, pembangunan unit sekolah baru tingkat SD dan SMP Dindikbud Banten memberikan bantuan 130 unit.

Peningkatan kualitas sarana pendidikan juga menjadi prioritas utama pemerintahan Gubernur Banten, Wahidin Halim, menurutnya untuk menghadirkan pendidikan yang baik bagi warga Banten harus ditopang sarpras yang mendukung.

Tidak sekedar baru, WH ingin seluruh fasilitas belajar pendukung harus layak dan bersih.

“Kita bumi hanguskan yang begitu-begitu, sekolah kotor dan tidak layak tersebut,” ujarnya saat penyampaian nota gubernur tentang RAPBD Banten 2018 di DPRD Banten.(adv)

Komentar Anda

comments