Pengguna BRT Meningkat, Dishub Kota Tangerang Perpanjang Rute Koridor I

Diterbitkan  Rabu, 15 / 11 / 2017 10:23

Palapanews.com- Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Tangerang terus melakukan berbagai upaya agar Kota Tangerang terhindar dari permasalahan kemacetan serta permasalahan seputar transportasi yang ada di Kota Tangerang.

Salah satunya dengan di hadirkannya Bus Rapid Transit (BRT) di Wilayah Kota Tangerang. Langkah ini dilakukan untuk mengurangi kemacetan yang ada di Kota Tangerang.

Sejak diluncurkannya pada Desember 2016 lalu, BRT koridor 1 dengan rute Poris Plawad-Jatiuwung telah beroperasi dan mengalami peningkatan jumlah penumpang.

Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) Kota Tangerang, Saeful Rohman mengatakan, dalam rangka meningkatkan pelayanan terhadap masyarakat Kota Tangerang dalam hal transportasi massa yaitu Bus Rapid Transit (BRT) Kota Tangerang telah gratiskan untuk masyarakat Kota Tangerang yang ingin menggunakan BRT tersebut hingga Akhir Tahun 2017 ini.

“Tiap hari kami berlakukan gratis sampe akhir tahun 2017 ini. Namun, mulai Januari 2018 akan dikenakan tarif Rp 2000 flat,” jelas Saeful.

Saeful menambahkan, dari awal tahun 2017 hingga sekarang, pengguna BRT mengalami peningkatan yang cukup drastis. “Pada bulan Januari (awal tahun 2017) ada 3000 penumpang, dan hingga pada saat bulan September kemarin, jumlah penumpang mengalami peningkatan yang drastis hingga berjumlah 34.000 penumpang,” jelasnya.

Berdasarkan informasi yang didapat, peningkatan jumlah penumpang ini dipicu karena nyamannya fasilitas BRT serta aman dan tepat waktu dengan durasi waktu 12 hingga 15 menit.

Dikatakan Saeful, demi meningkatkan jumlah penumpang atau pengguna BRT, Dishub Kota Tangerang berencana memperpanjang rute pada koridor 1 (satu).

“Tahun ini rute diperpanjang, yang semula sampai Jatiuwung, kami perpanjang sampai Jatake dengan jumlah transportasi 10 armada. Dan ini akan terealisasi selambat-lambatnya pada akhir tahun 2017 ini,” tambahnya.

Dalam upaya meningkatkan fasilitas di dalam BRT, Dishub Kota Tangerang akan menjalin kerjasama dengan Dinas Perpustakaan, Dinas Kominfo dan lainnya dalam hal penyediaan buku bacaan didalam BRT.

“Kita akan jalin kerjasama dengan dinas-dinas terkait untuk menyediakan buku bacaan didalam BRT, agar penumpang bisa dengan nyaman mendapatkan informasi seputar Kota Tangerang di dalam BRT,” paparnya.

Untuk diketahui, pada Januari 2018 mendatang, Bus Rapid Transit (BRT) koridor 2 (dua) dengan rute Perumnas-Poris Plawad akan mulai beroperasi, semoga masyarakat Kota Tangerang bisa memanfaatkan atau menggunakan BRT yang telah di operasikan selama ini. (ydh)

Komentar Anda

comments