Monitoring Masalah Kesehatan, Walikota Tangerang Resmikan Cereb Room

Diterbitkan  Minggu, 12 / 11 / 2017 5:37

Palapanews.com- Peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) tahun 2017 di Kota Tangerang berlangsung cukup meriah. Sebab, peringatan tersebut diramaikan dengan pelaksanaan Jalan Sehat yang diikuti oleh Pegawai Dinas Kesehatan dan Rumah Sakit (RS) di Kota Tangerang. Dan, perayaan HKN kali ini juga ditandai dengan peresmian Cereb Room yang menjadi pusat kendali dan monitoring bidang kesehatan di Kota Tangerang.

Cereb Room tersebut diresmikan langsung oleh Walikota Tangerang, Arief R. Wismansyah yang didampingi oleh Wakil Walikota Tangerang, Sachrudin di Kantor Dinas Kesehatan, Jl. Daan Mogot Kota Tangerang, Minggu (12/11).

“Cereb Room ini mengambil filosofi Cerebroom yang berarti otak kecil. Jadi ruangan ini menjadi semacam otak kecil bagi Pemkot Tangerang untuk memonitoring masalah kesehatan di wilayahnya,” ujar Kepala Dinas Kesehatan dr. Liza Puspa Dewi saat menjelaskan fungsi Cereb Room kepada Walikota Tangerang.

Cereb Room, yang berada di komplek Kantor Dinas Kesehatan tersebut fungsinya hampir sama dengan Tangerang Live Room yang telah dimiliki oleh Pemkot Tangerang.

“Namun ini lebih ke tehnis menunjang operasional Dinas Kesehatan dalam melayani masyarakat,” ujarnya.

“Karena disini kita bisa memantau langsung sebaran layanan ambulan yang kita miliki, termasuk juga memonitor layanan kesehatan di Puskesmas karena nanti semua puskesmas akan kita lengkapi dengan CCTV, meskipun sekarang baru lima puskesmas yang sudah,” terangnya.

Cereb Room jelas dr. Liza juga menjadi pusat pengolahan data kesehatan yang ada di Kota Tangerang.

“Ini bisa dilihat per-kecamatan terkait sebaran penyakit yang ada,” jelasnya.

Sementara itu, Walikota Tangerang, Arief R Wismansyah yang meresmikan langsung Cereb Room berharap agar keberadaan ruang kendali tersebut semakin meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan bagi masyarakat Kota Tangerang.

“Ini patut diapresiasi, bahwa pelayanan yang kita kerjakan harus berbasis data dan informasi sehingga apa yang kita lakukan tepat sasaran,” tuturnya. (Adv)

Komentar Anda

comments