Pemkot Tangerang Raih Penghargaan Anugerah Pandu Negeri dari IIPG

Palapanews.com Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang menerima Penghargaan Anugerah Pandu Negeri dengan predikat Pemerintah Daerah dengan Kinerja dan Tata Kelola Sangat Baik.

Penghargaan tersebut diberikan oleh Indonesian Institute Publik Governance (IIPG) terhadap 5 Pemerintah Kota Seluruh Indonesia yaitu Kota Tangerang, Kota Denpasar, Kota Pontianak,Ā  Kota Sukabumi dan Kota Surakarta,Jumat (10/11) di Jl.Jend Sudirman, Financial Graha CIMB NIAGA, Jakarta Pusat.

Ketua IIPG, Sigit Pramono mengatakan,Ā  penghargaan yang diberi nama ā€œAnugerah Pandu Negeriā€ iniĀ  bertepatan dengan peringatan Hari Pahlawan tanggal 10 November 2017, merupakan bentuk apresiasi kepada Kepala Daerah yang telah melakukan berbagai terobosan dalam pengelolaan pemerintahannya.

“Penilaiannya meliputi aspek governance meliputi tata kelola keuangan, tata kelola pemerintahan dan juga anti korupsi,” ujarnya.

Ditambahkannya, penjurian dilakukan oleh tim independen yang menyaring dan menilai 538 pemerintah daerah di Indonesia. Dan penilaiannya dilakukan dalam beberapa tahapan, mulai dariĀ  survey lapangan kemudian dilanjutkan dengan pengolahan data-data yang meliputi laporan keuangan daerah, penetapan APBD yang tepat waktu hingga inovasi-inovasi yang dilakukan kepala daerah bagi kemajuan daerahnya.

“Dari jumlah 538 daerah itu terdapat 200 daerah lolos saringan, yang kemudian disaring kembali menjadi 50 daerah yang pantas menerima penghargaan,” terangnya.

“Inovasi merupakan langkah terbaik bagi perkembangan daerah. Daerah yang maju memang harus mempunyai inovasi, utamanya bidang infrastruktur, bidang pendidikan dan bidang kesehatan,” paparnya Sigit seraya menerangkan bahwa Anugerah Pandu Negeri ini juga menjadi bukti komitmen pemimpin daerah dengan kinerja dan tata kelola keuangan yang baik.

Walikota Tangerang, Arief R. Wismansyah yang menerima Anugerah Pandu Negeri 2017 dari Wakil Presiden RI Periode 2009-2014,Ā  Boediono didampingi Menteri Dalam Negeri RI Tjahyo Kumolo mengatakan, bahwa dirinya sangat mengapresiasi dan berterima kasih kepada IIPG (Indonesian Institute for Public Governance) atas penghargaan tersebut.

Dirinya juga mengungkapkan, rasa bangganya ketika diinformasikanĀ  bahwa dirinya masuk dalam nominasi peraih penghargaan Anugerah Pandu Negeri 2017. Apalagi dengan melihat nama-nama dalam daftar tim penilai dan dewan juri yang merupakan orang-orang dengan curiculum vitae yang sangat mengagumkan. Sebut saja, Prof.Dr.Djisman S Simanjuntak , Prof.Dr.Sidharta Utama, Ph.D.CA.CFA , Chandra M Hamzah, SH , Prof.Dr.Harkristuti Harkrisnowo,SH,LL.M, MA, serta Editor Tempo News Magazine Yostinus Tommy Aryanto

“Tentunya kita sangat mengapresiasi atas penghargaan ini, tak disangka bahwa banyak orang yang melihat atas kinerja pemerintah daerah yang ingin selalu mengedepankan kepentingan masyarakat Kota Tangerang,” terang Walikota usai menerima penghargaan.

“Penghargaan ini, juga kita dedikasikan untuk semua unsur lapisan masyarakat Kota Tangerang, yang telah ikut serta membantu memberikan ide-ide, kreativitas dan sumbangsih pemikiran bagi mensukseskan semua program-program pemerintah. Pemerintah Kota TangerangĀ  juga berkomitmen untuk terus melakukan inovasi-inovasi dan terobosan-terobosan yang tentunya bermanfaat bagi masyarakat banyak,ā€ imbuhnya. (Adv)

Komentar Anda

comments