Ribuan ASN Disupervisi Tolak Tindak Gratifikasi

Diterbitkan  Kamis, 09 / 11 / 2017 23:04

Palapanews.com – Ratusan Aparatur Sipil Negara di lingkup Pemerintahan Kota Tangerang Selatan diberikan supervisi terkait pencegahan tindak pidana korupsi. Kegiatan ini diprakarsai oleh Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan (BKPP).

Kegiatan ‘Sosialisasi Gratifikasi’ ini, diselenggarakan pada 7-8 November 2017 di Graha Widya Bhakti Puspiptek, Kecamatan Setu. Peserta kegiatan berasal dari unsur tenaga pengajar dan pengelola sekolah-sekolah negeri, aparat kecamatan dan para pejabat eselon III di organisasi perangkat daerah.

“Dengan pemberitaan media yang semakin terbuka membuat pandangan masyarakat terhadap dunia birokrasi menjadi nyinyir terhadap kita. Dan ini menjadi tantangan bagi kita untuk mampu menepis anggapan tersebut,” tegas Wakil Walikota Tangerang Selatan, Benyamin Davnie.

Beberapa hari sebelumnya, kata Wakil Walikota Benyamin, kepala daerah beserta seluruh pejabat tinggi di Kota Tangerang Selatan telah mengikuti kegiatan serupa. Kegiatan supervisi ini disampaikan langsung dari Divisi Pencegahan Komisi Pemberantasan Korupsi.

Ia memaparkan point terpenting terkait persyaratan bagi setiap ASN ideal. Yakni, punya teguh iman dan takwa, senantiasa mengaktualisasikan ke dalam tugas pokok serta fungsinya sebagai Pamong Praja.

“Mensyukuri apapun jabatan adalah amanah. Jangan hanya minta dilayani. Pesan moralnya, jangan pernah menanyakan apa yang akan kau dapat dari negara, tapi tanyakanlah kepada dirimu, apa yang dapat kau berikan kepada negara,” tegas Banyamin.

Taat pada aturan dan good governance. Prinsip kehati-hatian, sesuai prosedur atau undang-undang yang berlaku. Menyiapkan daya saing yang diimbangi adanya intelektual, kompetensi tinggi dan profesional. ASN di Kota Tangerang Selatan harus bisa mengubah paradigma yang sudah usang. Meninggalkan budaya dilayani oleh masyarakat, tapi justru sekarang sebaliknya.

Menurutnya, definisi gratifikasi yaitu, pemberian dalam arti luas. Meliputi pemberian uang, barang, rabat (diskon), komisi, pinjaman tanpa bunga, tiket perjalanan wisata, pengobatan cuma-cuma dan fasilitas lainnya. (hms/bd)

Komentar Anda

comments