Wujudkan Kota Layak Huni, Ribuan Rumah Tak Layak di Bedah

Diterbitkan  Rabu, 08 / 11 / 2017 9:48

Palapanews.com– Untuk mengentaskan kemiskinan di Kota Tangerang, Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang melakukan beragam inovasi yang bersentuhan langsung dengan masyarakat, salah satunya adalah Program Bedah Rumah.

Program Bedah Rumah tersebut, merupakan salah satu program yang digagas oleh Walikota Tangerang, Arief R Wismansyah demi menciptakan tempat tinggal yang layak bagi masyarakat (penghuninya).

Walikota Tangerang, Arief R Wismansyah mengatakan, Program Bedah Rumah ini dilakukan sejak tahun 2015, dimana program tersebut memiliki tujuan agar masyarakat Kota Tangerang mendapatkan tinggal tinggal yang layak.

“Mereka (Masyarakat) yang mendapatkan bantuan Program Bedah Rumah tentunya berdasarkan hasil survei dari tingkat kelurahan,”kata Walikota Tangerang.

Walikota menambahkan, Program Bedah Rumah dilakukan di beberapa kecamatan yang rawan kemiskinan di Kota Tangerang seperti Kecamatan Neglasari dan Kecamatan Benda.

Dikatakan Walikota satu hal yang menarik dari Program Bedah Rumah tersebut adalah keterlibatan aktif dari masyarakat terutama melalui Badan Keswadayaan Masyarakat (BKM) yang berada di setiap kelurahan.

“Ini menjadi bagian dari komitmen Pemkot Tangerang untuk melakukan pemberdayaan kepada masyarakat sekaligus komitmen untuk mewujudkan tata pemerintahan yang baik.Jadi konsepnya masyarakat yang mengerjakan,” imbuh Walikota seraya menegaskan, konsep pembangunan di Kota Tangerang yang melibatkan keterlibatan masyarakat tersebut dinilai akan sangat menghemat biaya pembangunan yang dibebankan ke APBD Kota Tangerang. Selain tentunya dianggap lebih cepat pengerjaannya karena prosesnya yang sederhana, terutama dari sisi pengadaan barang dan jasanya.

Sementara itu, Sekretaris Dinas Perumahan dan Pemukiman (Perkim) Kota Tangerang, Maryono Hasan menerangkan, Program Bedah Rumah mulai dilakukan pada 2015. Dimana, hingga 2017 akhir Program Bedah Rumah tersebut ditargetkan sebanyak 4878 unit rumah.

“Program Bedah Rumah ini merupakan salah satu cara untuk mewujudkan Kota Layak Huni, sehingga kegiatan tersebut benar-benar langsung menyentuh ke masyarakat yang membutuhkan,” papar Sekretaris Dinas Perumahan dan Pemukiman (Perkim) Kota Tangerang, Maryono Hasan. (Adv)

Komentar Anda

comments