FGD Bahas Wacana Pentingnya Bangun Museum Tangsel

Diterbitkan  Rabu, 08 / 11 / 2017 13:34

Palapanews.com – Kota Tangerang Selatan (Tangsel) memiliki banyak peninggalan sejarah yang unik dan masih bisa digali sebagai referensi pembelajaran di sekolah. Hal ini dikemukakan dalam Forum Group Discussion (FGD) Pembangunan Museum kepada para guru yang ada di Kota Tangsel, di Graha Widya Bhakti, Puspiptek, Senin (06/11/2017).

Junaedi, Kepala Seksi Kesenian Disdikbud Kota Tangsel, mengatakan setelah mendapatkan informasi dari para sejarawan, ternyata banyak juga yang perlu digali sebagai bahan materi pembelajaran di sekolah-sekolah.

“Selain mempelajari materi, nantinya para guru berikut siswa juga akan mengunjungi situs-situs peninggalan sejarah yang ada di daerah kita sendiri,” ujarnya.

Lanjutnya, pihaknya saat ini masih akan membuat Peraturan Daerah (Perda) terlebih dahulu, agar di tahun 2018 Perda Kebudayaan dapat diketahui oleh para guru. Kemudian selanjutnya bisa mengarahkan para siswa agar mendapatkan ilmu pengetahuan sebagai bahan pembelajaran di SD, SMP maupun SMA.

“Jadi, ini lebih mengenalkan budaya yang ada di daerahnya sendiri. Selain itu juga masyarakat dapat melestarikan lingkungan yang ada pada 27 situs-situs tersebut, seperti Kramat Tajuk, Makam Pahlawan Seribu, Monumen Lengkong dan sebagainya,” jelasnya.

Iis Nur Asih, Kabid Pemberdayaan Dindikbud Tangsel, mengatakan setelah melakukan FGD dengan budayawan dan guru, pihaknya telah mengambil kesimpulan bahwa untuk perencanaan pembangunan musium sejarah di Tangsel akan direalisasikan.

“Pendidik dari guru-guru sejarah sangat antusias dan menyetujui sekali hal ini. Nanti setelah ada wadahnya kita simpan benda-benda sejarah di museum. Hal ini sekaligus untuk menunjang destinasi wisata di Tangsel,” terangnya. (nad)

Komentar Anda

comments