DPRD Ajukan 2 Raperda Inisiatif

oleh

Palapanews.com- Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Tangerang menyampaikan penjelasan mengenai Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) Inisiatif dewan tentang Pengarusutamaan Gender dan Ketahanan Keluarga yang digelar di Ruang Sidang Paripurna DPRD Kota Tangerang.

Raperda inisiatif tersebut diharapkan bisa menjadi benteng dan landasan hukum di tengah perkembangan masyarakat, Rabu, (08/11).

Hal tersebut diungkapkan langsung oleh Ketua Badan Pembentukan Peraturan Daerah ( Bapperda) Kota Tangerang, Yati Rohayati, bahwa dirinya ingin menginisiasi regulasi tentang pertahanan keluarga dengan harapan bagaimana Pemkot Tangerang bisa ikut berperan menjadikan kota yang berkualitas.

“Raperda Inisiatif tentang Ketahanan Keluarga ini dirancang karena akhir-akhir ini banyak terjadi pergeseran dan rapuhnya nilai-nilai keluarga terhadap masyarakat kita, padahal keluarga itu merupakan pondasi yang sangat kuat sekaligus sebagai ujung tombak,” katanya.

Sementara itu, tujuan dari Raperda Pengarusutamaan Gender menurutnya sebagai transformasi dari keadaan tidak setara antara perempuan dan laki-laki dalam hak dan kondisi sosial, menjadi setara bagi keduanya serta terpenuhinya kebutuhan praktis dan strategi gender.

“Perda ini bukan untuk memberdayakan perempuan, tetapi bagaimana memberikan porsi yang setara antara perempuan dan laki-laki. Supaya kedepannya perempuan dan laki-laki tidak bisa dibedakan lagi, keduanya memang berbeda tapi bukan untuk dibeda-bedakan,” ungkap Yati.

Hal senada juga disampaikan oleh Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Tangerang, Suparmi, Raperda Inisiatif ini menurutnya masih dalam bentuk Naskah Akademik (NA) dan dirinya juga meminta sumbangsih pemikiran dari Pemerintah Kota (Pemkot) dan masyarakat Tangerang agar ikut berperan.

“Raperda ini hadir karena wujud keprihatinan DPRD Kota Tangerang di tengah perkembangan masyrakat, karena banyaknya berita kekerasan terhadap anak. Raperda ini juga mengatur nilai-nilai yang beraqlakul karimah serta mengarah kepada norma normanya juga, bagaimanapun keluarga adalah pondasi utama,” tutupnya. (Gs)

Komentar Anda

comments