Atasi Banjir di Total Persada, Pemkot Tangerang Bangun Sheet Pile

Diterbitkan  Sabtu, 04 / 11 / 2017 15:29

Palapanews.com Untuk mempercepat penanganan banjir di kawasan Total Persada, Kelurahan Gembor, Kecamatan Periuk, Kota Tangerang, Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang terus mempercepat pembangunan tanggul.

Pembangunan dan penguatan tanggul dengan menambah sheet pile (dinding turap) sebagai solusi mengatasi banjir di Perumaha Total Persada. Hal ini disampaikan langsung oleh Walikota Tangerang, Arief R Wismansyah.

Menurut Walikota Tangerang, Arief R Wismansyah mengatakan, pihaknya telah menambah penguatan tanggul dengan menambah sheet pile (dinding turab) setinggi 1,5 meter. Selain itu, Pemkot Tangerang juga membangun  pintu air. Nantinya, air di Kali Ledug akan di pompa ke Kali Cirarab untuk mencegah banjir.

“Pemkot Tangerang terus melakukan berbagai upaya untuk menangani persoalan banjir di wilayahnya, mulai dari pembangunan turap, normalisasi kali dan juga pembuatan sistem pengendalian banjir melalui proses pengeringan situ,” imbuhnya.

“Sekarangkan air balik dari Cirarab ke Kali Ledug karena air banyakan dari Cirarab,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Tangerang, Nana Trisyana menerangkan, pihaknya  membuat program folder diantaranya membangun turap disekeliling perumahan Total Persada yang memang posisinya berdekatan dengan kali Ledug dan Cirarap.

“Dibangun pintu air dan dua rumah pompa untuk menyedot air dari pemukiman warga. Sedangkan dananya diambil dari APBD,” kata Nana Trisyana.

Dikatakan Nana, Kali Ledug belum memiliki long storit atau saluran retensi. Untuk itu, program penanggulangan banjir tersebut direalisasi oleh Dinas PUPR Kota Tangerang.

“Fungsinya sebagai tempat parkir air dan nantinya akan menggunakan kali Ledug itu sendiri, saluran retensi tersebut memiliki fungsi yakni air yang ada di kali Ledug di tahan kemudian dialirkan melalui pompa ke kali Cirarap,” ungkapnya. (adv)

Komentar Anda

comments