Arief: Pola Asuh Orangtua Tentukan Perkembangan Anak

Diterbitkan  Senin, 30 / 10 / 2017 17:45

Palapanews.com Pemerintah Kota Tangerang melalui Dinas Pendidikan Kota Tangerang menggelar kegiatan sosialisasi Pola Asuh Orangtua terhadap Siswa SD Kelas 1-6. Kegiatan sosialisasi ini diikuti oleh 280 orangtua siswa se-Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pendidikan Kecamatan Larangan, Kota Tangerang.

Walikota Tangerang, Arief R Wismansyah yang turut didampingi oleh Kepala Dinas Pendidikan Kota Tangerang, Abduh Surahman mengatakan, orangtua harus memberikan pendidikan dan asuhan kepada anak. Pasalnya, peranan orangtua sangat menentukan dalam pengembangan pola pikir sang buah hati.

“Peranan orangtua dalam mendidik dibutuhkan bagi anak. Dan, orangtua perlu berkreasi dalam mengasuh anak sehingga anak akan mendapatkan pendidikan yang layak,” kata Wali Kota saat memberi arahan di Masjid At Tawwaah Al Bayan Islamic School, Larangan, Senin (30/10).

Arief menambahkan, orangtua perlu memberikan pendidikan agama bagi anak, mengingat dengan agama yang kuat akan memberikan benteng bagi anak agar terhindar dari pergaulan yang negatif.

“Ajak anak-anak kita salat berjamaah. Dan, Pemerintah Kota Tangerang pun telah memiliki program Tangerang mengaji dan salat berjamaah di Masjid,” paparnya.

Di penghujung arahannya, Arief pun mengingatkan agar para orang tua dapat membuka wawasannya tentang pola mendidik anak dan dapat menyesuaikan dengan perkembangan jaman.

“Pola pendidikan kita harus bisa menyesuaikan dengan perkembangan jaman agar bisa sesuai dengan apa yang diinginkan oleh anak – anak.” tegasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Kota Tangerang, Abduh Surahman menerangkan, dengan adanya sosialisasi seperti ini tentunya orangtua dapat memberikan bimbingan yang lebih intensif bagi anak. Sehingga pola pikir maupun karakteristik anak dapat terbangun dengan baik.

“Pola Asuh Orangtua dapat menentukan pola pikir anak. Untuk itu, berikanlah bimbingan yang mampu membangun perkembangan anak,” paparnya.

Abduh menambahkan, keluarga merupakan lingkungan yang pertama dimana anak dapat berinteraksi. Dan,sangat besar pengaruh keluarga dalam pembentukan dan perkembangan kepribadian. Banyak faktor dalam keluarga yang ikut berpengaruh dalam proses perkembangan anak.

“Salah satu faktor dalam keluarga yang memiliki peran dalam pembentukan dan perkembangan kepribadian anak adalah pola asuh yang diterapkan orangtua,” jelasnya. (ydh)

Komentar Anda

comments