Lezat! Nasi Tutug Oncom Sambel Rombeh di Cisauk

oleh
Nasi Tutug Oncom.
Nasi Tutug Oncom.

Palapanews.com- Bagi penggemar kuliner khas Sunda, mungkin tak asing dengan menu nasi tutug oncom. Itu lho, hidangan nasi panas yang dilengkapi dengan tumisan oncom dan beragam pelengkap lainnya.

Nah, di Komplek Metro Serpong 2 Blok C1/3 Cicayur, kecamatan Cisauk, Kabupaten Tangerang, Anda bisa menikmati menu nasi tutug oncom spesial. Menu spesial di rumah makan yang dikelola Yanie ini terasa lebih spesial dengan citarasa sambal yang khas.

Yanie mengaku, selain tutug, sambal rombeh juga merupakan ciri khas Sunda sejak zaman dulu. Maka itu, menu nasi tutug oncom di sini berbeda dengan menu serupa di rumah makan lainnya.

Soal cara pengolahannya. Yanie menyajikannya dengan cara memasukan dua sendok nasi putih ke dalam boboko (tempat nasi seperti bakul). Lalu, ditambahkan satu sendok tumisan oncom yang terbuat dari ulegan kencur, cabai merah, bawang merah, bawang putih, daun salam, serai dan rempah lainnya. Ini dicampur ke dalam boboko yang sama.

Setelah dua sendok nasi dan satu sendok tumis oncom ke dalam boboko, kemudian ditutug atau diaduk merata selama beberapa saat lalu dicetak ke piring saji.

Setelah dipiring saji, siapkan bersama potongan daun selada, kemangi, timun, dan ikan asin kerupuk serta sambal rombeh. Sambal rombeh ini merupakan sambal goreng ditambah irisan honjeh/kecombrang/kincung dengan tujuan mempertegas aroma.

Nah, sesi icip-icip sepertinya seru! Rasa dari ulegan kencur dan oncomlah yang pertama hinggap di lidah saat suapan pertama. Diawalnya rada bingung nasi kok rasanya kencur. Namun, sesaat kemudian baru menyadari, bahwa rasa itu sesuai nama menu makanannya nasi tutug oncom.

Pertanyaan-pertanyaan kecil perlahan sirna, setelah gurihnya ikan asin krupuk, empuknya daging ayam goreng tepung, dan strongnya aroma honjeh pada sambal Rombeh yang pedas masuk ke perut. Muanteeep!

“Citarasa (nasi tutug oncom sambal rombeh) diatas memang maunya saya. Jadi tak datar seperti nasi sejenis di tempat lain,” papar Yanie yang membesarkan usaha kulinernya melalui pesanan langsung, medsos dan bazaar-bazar.

Nasi tutug oncom olahan Yanie ini dibanderol dengan harga yang cukup terjangkau, yakni Rp15 ribu/porsi dan tambah Rp5 ribu untuk sepotong ayam goreng tepung. “Saya juga menerima delivery order minimal 10 besek (box),” pungkasnya. (fit)

Komentar Anda

comments