Saut Situmorang: KPK Perhatikan Banten

Diterbitkan  Kamis, 19 / 10 / 2017 8:00

Wakil Ketua KPK Saut Situmorang pada kegiatan Rakor Pimpinan Daerah di Cilegon.

Palapanews.com- Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Saut Situmorang mengatakan pihaknya sangat memperhatikan Banten. Terlebih, sejumlah kasus korupsi skala jumbo juga terjadi di provinsi paling barat Pulau Jawa ini.

“KPK sangat memperhatikan Banten karena dunia luar juga melihat, makanya kita datang membantu Pak Gubernur dan Wakil Gubernur, kemudian dikaitkan dengan pemerintah daerah bagaimana kalau kita punya rencana supaya masyarakatnya bisa lebih sejahtera, cepat bersaing, jadi kita datang memberi bantuan untuk itu,” kata Saut dalam rapat koordinasi pimpinan Daerah terkait ‘Evaluasi Percepatan Pelaksanaan Rencana Aksi Pemberantasan Korupsi di Provinsi Banten’ yang bekerjasama dengan KPK di Cilegon, Rabu (18/10/2017) kemarin.

Baca: Wahidin Halim Minta KPK Terus Dampingi Banten

Selain melakukan penindakan korupsi, menurut Saut, KPK juga gencar melakukan pencegahan di seluruh Indonesia, termasuk di Provinsi Banten khususnya.

“Pemberantasan korupsi itu tidak boleh sepotong-potong. Kami (KPK) hadir di sini sudah beberapa tahun lalu. Kami datang lagi untuk melakukan evaluasi, kemudian bikin rencana aksi lagi. Ada mungkin memang beberapa hambatan apakah itu baik dari perundang-undangan, lembaganya atau pun dari tata kelolanya makanya KPK datang untuk membantu,” paparnya.

Menurutnya, tindak korupsi sebetulnya bisa dicegah dengan berbagai upaya, salah satunya yakni menciptakan upaya pencegahan, sistem dan komitmen pemerintahan itu sendiri. Pencegahan itu dilakukan agar para kepala daerah, pejabat dan ASN tidak tersangkut korupsi.(red)

Komentar Anda

comments