XL Axiata Tuntaskan Program “1.000 Sekolah Broadband”

Palapanews.com – PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) telah menuntaskan Program 1.000 Sekolah Broadband, tepat setahun sejak peluncurannya pada Oktober 2016 lalu. Melalui program yang diinisiasi sebagai bagian dari peringatan Hari Jadi XL Axiata ke-20 tersebut, XL Axiata telah memfasilitasi 1.000 sekolah di berbagai provinsi.

Kini, sekolah tersebut telah terkoneksi ke jaringan internet berkecepatan tinggi sebagai bagian dari kegiatan sosial berkelanjutan perusahaan dalam mendukung program pemerintah untuk digitalisasi sekolah.

Lebih dari 400 ribu siswa dan ribuan guru kini, telah memanfaatkan program tersebut dalam proses belajar mengajar. Sekolah ke-1.000 yang mendapatkan manfaat program ini adalah SMA Negeri 8 Manado, Sulawesi Utara.

Kepala Dinas Pendidikan Daerah Provinsi Sulawesi Utara, Asiano Gamy Kawatu, SE., M.Si, Staf Ahli Walikota Bidang Ekonomi, Keuangan dan Pembangunan Kota Manado, Drs. Heri Saptono, Kepala Sekolah SMA Negeri 8 Manado, Ibu Mediatrix Maryani Ngantung dan Caretaker Vice President XL Axiata North Region, Mozes Haryanto Baottong menyerahkan donasi program di Manado, Jumat (06/10/2017).

“Kini lebih dari dari 400 ribu siswa sekolah telah terkoneksi ke jaringan internet cepat. Komposisinya 45% SMA dan 55 % SMK. Kami sangat senang karena program ini telah memberikan manfaat yang cukup besar bagi sekolah-sekolah penerimanya,” ungkap Mozes Haryanto Baotton, Caretaker Vice President XL Axiata North Region.

Selanjutnya, sebagai bagian peringatan Hari Jadi ke-21, XL Axiata akan melanjutkannya dengan program “Gerakan Donasi Kuota” yang akan menjangkau sekolah dan pelajar yang lebih luas.

Tercatat program ini telah menjangkau sekolah-sekolah di 42 kota/kabupaten di 20 provinsi terdiri dari: Sabang, Padang, Medan, Deli Serdang, Pematang Siantar, Pekanbaru, Pangkal Pinang, dan Belitung Timur.

Juga ada di Purwakarta, Subang, Indramayu, Cirebon. Bantul, Sleman, Gunung Kidul, Purwokerto, Banyumas, Cilacap, Sidoharjo, Malang, juga Pemekasan di Madura. Di Kalimantan dan Sulawesi ada di Banjarmasin, Banjarbaru, Samarinda, Balikpapan, Pontianak, Gowa, Kendari, Manado, serta Makassar.

Manager CSR XL Axiata, Achmad Pradipta menambahkan, target-target yang telah tercapai melalui program ini juga sejalan dengan aspirasi pemerintah dalam hal ini Ditjen Pendidikan Menengah dan Kejuruan pada Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yang menjadi partner XL Axiata.

XL Axiata juga menilai Program 1.000 Sekolah Broadband terlaksana dengan cukup efektif. Salah satu tolok ukurnya, hampir 100% akses internet dan data yang disediakan telah digunakan secara intensif oleh sekolah peneriman untuk proses belajar mengajar.

Selain itu, program ini juga telah melahirkan program-program lain, antara lain pelatihan #Melek Internet untuk pengurus OSIS serta pelatihan XL Axiata Youth Leadership Camp atau pelatihan kepemimpinan berbasis digital untuk pemimpin OSIS.

Selain itu juga ada kompetisi video “Magnificity” untuk SMA/SMK seluruh Indonesia untuk mendorong penggunaan Intenet dan media sosial guna memajukan daerahnya. Manfaat yang didapatkan dari Program 1.000 Sekolah Broadband ternyata juga mendapatkan pengakuan dari pemerintah daerah di mana sekolah di wilayahnya termasuk sebagai penerima manfaat. (rls/bd)

Komentar Anda

comments