DPU Tangsel: Proyek Jembatan Pesona Serpong On The Track

Diterbitkan  Rabu, 27 / 09 / 2017 20:22

Petugas lapangan melakukan aktivitas di proyek jembatan Pesona Serpong.

Palapanews.com- Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kota Tangerang Selatan (Tangsel) memastikan proyek pembangunan jembatan Pesona Serpong di Kademangan, Kecamatan Setu, masih on the track. Hingga kini, progressnya baru 18,7 persen.

“Saat ini pekerjaan pembangunan baru pembuatan abutment atau tiang pancang jembatan,” kata Kepala Seksi Pembangunan Jalan dan Jembatan Kota pada DPU Kota Tangsel, Hendri Sumawijaya saat jumpa pers di kantor DPU Kota Tangsel, Setu, Rabu (27/9/2017).

Saat ini, lanjut Hendri, kondisi pembangunan Jembatan Pesona Serpong masih masih on the track. Derasnya aliran air hanya mengakibatkan urukan tanah untuk abutment terbawa air. Pihaknya juga menegaskan tidak ada material pembangunan jembatan yang hilang terbawa air.

“Namanya dalam proses pembangunan, ya kondisinya pasti banyak material berserakan. Tidak ada bahan material jembatan yang hanyut terbawa air,” katanya.

Di lokasi yang sama, Pelaksana Pekerjaan Jembatan Pesona Serpong dari PT Rizki Jaya Bersama, Cece mengatakan material yang terlihat seperti hanyut terbawa air tersebut merupakan sisa dari tiang pancang yang sudah dipotong. Sisa potongan ‘paku bumi tersebut memang belum dibenahi dan masih berada di sekitar lokasi proyek.

“Itu bukan tiang penyangga yang roboh. Tapi sisa tiang pengangga yang sudah dipotong,” katanya.

Cece juga mengatakan aliran air masuk setelah bendungan penahan dan pengalih air jebol lantaran debit air yang tinggi. Beruntung, hal tersebut menurutnya tidak mengganggu abitment jembatan yang sedang dalam proses pengecoran.

“Tidak masalah. Namanya juga pembangunan masih tahap awal. Masih 18,7 persen proses pembangunannya,” katanya.

Pembangunan Jembatan Pesona Serpong ini menurut Cece dikerjakan dari awal. Mulai dari tes tanah, pengukuran dan perobohan jembatan lama yang sudah rusak. Pembangunan jembatan penghubung Kademangan dengan Perumahan Pesona Serpong ini menurutnya menggunakan 20 tiang pancang yang ditancapkan sedalam delapan meter ke dalam tanah.

“Struktur jembatan jadi kuat jika pondasinya juga kuat. Tes tanah juga dilakukan untuk mencari tanah kuat. Agar Jembatan tidak mudah goyang,” paparnya.(one)

Komentar Anda

comments