Gudang Pupuk Hangus Gegara Bakar Sampah

Diterbitkan  Selasa, 19 / 09 / 2017 1:57

Petugas Damkar saat berusaha memadamkan sisa api.

Palapanews.com- Kobaran api ditengah kebun itu membakar habis gubug tempat penyimpanan pupuk kompos, hebohkan warga Jalan Mesjid Nurul Fajri, Kelurahan Pondok Jaya, Pondok Aren, Kota Tangerang Selatan (Tangsel), Senin (18/09/2017).

Menurut keterangan warga, lahan itu digarap Romlih (41) untuk dimanfaatkan menanam sayuran dan dijadikan pula untuk tempat pembuangan sampah warga setempat.

“Diduga kejadian bermula saat pemilik kebun hendak membakar sampah yang biasa ia lakukan. Karena besarnya api dan tiupan angin, sehingga api merembet ke gubuk tak jauh dari lokasi pembakaran sampah,” kata Rojali, salah satu warga yang tidak jauh dari tempat kejadian.

Kebakaran di kebun itu jelas Rojali cukup jauh dari pemukiman penduduk sehingga api tidak merembet ke rumah warga. Namun, api dengan cepat membesar ditambah asap hitam membubung tinggi, menambah panic warga.

“Upaya yang dilakukan warga hanya dengan menyiram air di sekitar lokasi agar api tidak merembet. Kemudian warga menghubungi petugas pemadam kebakaran (damkar), untuk memadamkan api yang sudah tidak terkendali,” ucap Rojali.

Dua unit mobil Damkar Tangsel bersama petugas datang ke lokasi kejadian. Dan, segera berusaha memadamkan api yang sudah membumbung tinggi. Setelah setengah jam berjibaku melawan api, kebakaran berhasil dipadamkan.

“Tadi ada sembilan personel dan dua unit kendaraan yang kita turunkan. Kita langsung meluncur bergitu mendapat laporan. Kami mendapat laporan sekitar pukul 14.00 WIB, hanya butuh setengah jam api bisa dipadamkan,” terang Kasi Pemadaman Muhdini.

Pihaknya mengimbau warga untuk lebih berhat-hati saat membakar sampah di lokasi yang banyak terdapat benda mudah terbakar.

Warga juga diminta untuk tidak meninggalkan lokasi saat membakar sampah, karena pengaruh tiupan angin dapat menyebabkan api merembet ke benda lain di sekitarnya.(fit)

Komentar Anda

comments