Ratusan Anak Meriahkan HAN Kota Tangsel

Meriah, peringatan HAN di Kota Tangsel.

Palapanews.com- Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Tangerang Selatan (Tangsel) menggelar peringatan Hari Anak Nasional (HAN) di Yon Arhanud, Serpong, Senin (18/9/2017). Acara yang diikuti oleh ratusan anak dari PAUD dan Taman Kanak-Kanak ini juga dibuka oleh Walikota Tangsel, Airin Rachmi Diany.

Dalam sambutannya, Airin mengatakan acara yang bertujuan untuk mewujudkan kesejahteraan anak dengan menghormati hak-hak dan memberikan jaminan tanpa perlakuan diskriminatif.

“Peringatan HAN pada hari ini juga sebagai momentum penting dalam meningkatkan Hak Azasi dan kehormatan anak di Indonesia, khususnya di Kota Tangsel. Selain itu, untuk meningkatkan kesadaran bahwa anak merupakan generasi penerus,” ujarnya.

Dengan adanya kegiatan ini, Airin berharap orang tua dapat menumbuhkembangkan potensi anak sesuai dengan minat bakatnya, menghargai pendapat serta mencegah kekerasan anak.

Sementara Kepala Dinas Dindikbud Kota Tangsel, Taryono menjelaskan peringatan HAN ini sebagai moment penting untuk mengundang lapisan masyarakat agar lebih konsen pada generasi penerus supaya bisa hidup bahagia, aman dan nyaman.

“Jangan ada rasa takut dalam mencetak potensi dan bakat anak agar berkarakter. Kemudian, terus ditanamkan pembinaan jangan sampai terjadi kekerasan pada anak,” jelas Taryono.

Kabid PAU Non Formal pada Dindikbud Kota Tangsel, Virgo Agustinus menambahkan ada ratusan anak yang berasal dari tujuh kecamatan yang ada di Kota Tangsel. Kegiatan ini, menurutnya menjadi momentum menyamakan prinsip untuk melakukan penjagaan anak dari tindak kejahatan, bullying hingga pelecehan seksual.

“Kami pun sudah membentuk tim,  betugas untuk mensosialisasikan seks sejak dini, mana yang dilarang dan diperbolehkan. Menugaskan anak-anak untuk mengenal dan menghafal nama orangtuanya, alamat hingga nomor handphone. Dengan harapan dapat terkodinir dengan cepat saat kejadian yang tidak diinginkan terjadi,” ungkapnya.(nad)

Komentar Anda

comments