Puluhan Desa di Kabupaten Serang Kekeringan

Diterbitkan  Kamis, 14 / 09 / 2017 10:13

Ilustrasi kekeringan. (bbs)

Palapanews.com- Sedikitnya 25 desa dari enam kecamatan di Kabupaten Serang, Banten, kekeringan. Enam kecamatan yang saat ini terkena dampak kekeringan adalah Tirtayasa, Lebak Wangi, Pontang, Tanara, Cikande dan Carenang.

Informasi yang dihimpun, Kecamatan Tirtayasa mengalami kekeringan terparah. Dari 14 desa yang ada, hanya satu desa, yakni Desa Wargasara di Pulau Tunda yang tidak terdampak.

Selain kesulitan air bersih, perbaikan irigasi aliran Sungai Ciujung menyebabkan warga kesulitan air. Enam kecamatan yang saat ini terkena dampak kekeringan adalah Tirtayasa, Lebak Wangi, Pontang, Tanara, Cikande, dan Carenang.

“Tirtayasa paling terdampak kekeringan. Dampaknya sudah mulai ke air konsumsi dan air bersih untuk mandi dan nyuci,” kata Nanda Bachtiar dari Pusdalops Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Serang.

Kepala BPBD Kabupaten Serang Nana Sukmana mengatakan pihaknya sudah mengantisipasi kekeringan yang terjadi di Serang. Termasuk distribusi air bersih ke beberapa kecamatan yang mengalami kekeringan.

“Sudah dilakukan sejak lama, sudah melakukan assessment sejak awal Agustus. Ini muncul laporan begitu banyak,” ujarnya.

Khusus untuk Kecamatan Tirtayasa, Nana mengatakan kekeringan di hampir semua desa di daerah tersebut memang bukan hanya persoalan cuaca. Perbaikan irigasi aliran Sungai Ciujung juga membuat beberapa desa kesulitan air. Apalagi masyarakat di sana kebanyakan menggunakan aliran irigasi untuk kebutuhan sehari-hari.

“Tapi BPBD sudah melangkah jauh untuk distribusi air,” tegasnya.(dtk/red)

Komentar Anda

comments