Kepedulian Masyarakat Soal Pembayaran PBB Semakin Tinggi

Diterbitkan  Kamis, 14 / 09 / 2017 12:32

Palapanews.com- Partisipasi masyarakat dalam membayar Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) hingga jatuh tempo tanggal 31 Agustus 2017 cukup tinggi.

Hal ini menandakan jika kepedulian masyarakat untuk bersinergi dengan Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang sangat tinggi.

Menurut Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bependa) Kota Tangerang, Herman Suwarman mengatakan, partisipasi masyarakat dalam membayar PBB cukup tinggi yakni mencapai 68 persen, capaian ini lebih tinggi 1 persen dibanding pada 31 Agustus 2016 yang mencapai 67 persen.

“Kepedulian masyarakat Kota Tangerang untuk membayar PBB semakin tinggi. Sebab, PBB yang dibayarkan oleh masyarakat akan kembali lagi kepada masyarakat yakni untuk pembangunan Kota Tangerang,” kata Herman seraya menambahkan, Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang akan membangun sarana dan prasarana seperti gedung sekolah, puskesmas, hingga infrastruktur jalan.

“Masyarakat akan menikmati dari PBB yang dibayarkan. Untuk itu, dibutuhkan sinergi dari masyarakat demi pembangunan dan kemajuan Kota Tangerang,” imbuh Herman.

Herman juga mengungkapkan, pihaknya akan terus melakukan sosialisasi tentang pembayaran PBB mulai dari Kecamatan hingga RT/RW. Dengan adanya sosialisasi yang dilakukan secara otomatis partisipasi masyarakat dalam membayar PBB terus meningkat.

“Sosialisasi kepada masyarakat sangat efektif sekali. Karena masyarakat akan mengetahui dan paham tentang pembayaran PBB dan manfaat dari PBB yang dibayarkan,” pungkasnya.

Untuk pembayaran PBB, kata Herman, masyarakat bisa membayarnya dengan mudah yakni bisa datang ke Kantor Badan Pendapatan Daerah Kota Tangerang, KCP BJB, minimarket Indomaret, dan Alfa Mart.

Diketahui untuk target III tahun 2017 sebesar Rp 263.175.000.000, dan jumlah SPPT tercetak sebesar 355.837 SPPT, sedangkan jumlah SPPT terbayar (s/d Agustus 2017) sebesar 242.469 SPPT, dan persentase SPPT terbayar (s/d Agustus 2017) sebesar 68 persen, dan realisasi piutang (s/d 31 Agustus 2017) sebesar Rp 34.361.751.308.

Sementara itu, Walikota Tangerang, Arief R. Wismansyah mengajak masyarakat untuk memenuhi kewajibannya dengan membayar pajak. Sebab, uang yang dikumpulkan dari hasil pajak tersebut akan dikembalikan kepada masyarakat untuk membiayai pembangunan di Kota Tangerang.

Walikota juga meminta aparatur pemerintah untuk menjadi panutan dalam pembayaran pajak sehingga masyarakat juga aktif membayar pajak.

Hasil pembangunan dari pendapatan pajak antara lain penerangan jalan umum, infrastruktur jalan lingkungan, jembatan, rumah layak huni, pelayanan kesehatan gratis, serta pendidikan. (ADV)

Komentar Anda

comments