Bea Cukai Bandara Amankan 11 Tersangka


Binaraga dan Pengidap HIV Konsumsi Narkotika Jenis Baru

Diterbitkan  Kamis, 14 / 09 / 2017 17:58

Palapanews.com- Petugas Bea dan Cukai Bandara Soekarno Hatta berhasil menggagalkan penyelundupan narkotika jenis baru yakni Epilon danĀ  Acetyl Fentanyl.

Epilon dan Acetyl Fentanyl ini merupakan jenis narkotika setelah diberlakunya Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 41 Tahun 2017 tentang Perubahan Penggolongan Narkotika, dan mulai berlaku pada 7 Agustus 2017.

Kepala Bidang Penindakan dan Penyidikan Bea Cukai Bandara Soekarno Hatta, Hengki Aritonang mengatakan, epilon berhasil diamankan sebanyak 100 gram dan Acetyl Fentanyl seberat 12 gram. Dimana, narkotika jenis baru tersebut diselundupkan dengan berbagai cara seperti menelan, menyembunyikan di celana dalam, hingga menyelundupkan di paket buku anak.

“100 gram epilon dipesan seorang tersangka yang berprofesi sebagai binaragawan dengan inisial R, sedangkan acetyl fentanyl dipesan tersangka berinisial TSL yang positif mengidap HIV/ AIDS,” kata Hengky seraya menambahkan, epilon dikonsumsi agar tidak merasa cape saat berolahraga, sedangkan acetyl lebih menyerupai heroin.

Sementara itu, tersangka berinisial R mengaku baru pertama kali membeli epilon dari Tiongkok seharga 200 dollar Amerika untuk 100 gram.

“Saya baru pertama kali mengkonsumsi epilon. Dan, epilon saya konsumsi hanya untuk tahan lama saat berolahraga,” pungkasnya.

Di waktu bersama, sebanyak 11 tersangka yang berperan sebagai kuris dan penerima paket narkotika juga diamankan diantaranya 3 kilogram jenis sabu, 7,3 gram pasta ganja, 10 ampul ganja cair. Dan, ini hasil dari penangkapan kasus selama dua bulan terakhir. (ydh)

Komentar Anda

comments